Buku Ramli Menyambung Amanah, Seorang Inspiratif

Bedah buku 'Ramli Menyambung Amanah Rakyat' di Meulaboh. Rakyat Aceh/Denny.

MEULABOH (RA) – Bedah buku ‘Ramli Menyambung Amanah Rakyat’ banyak referensi catatan penyempurnaan bahkan pengakuan unik sebagai ruh tokoh inspiratif, Senin (30/11).

Bedah buku juga dilakukan secara virtual, dengan mendengarkan masukan dari beberapa sumber berkompeten, salah satunya pengelola redaksi sebuah surat kabar di Aceh, Yarmen Dinamika.

Konten ‘Ramli Menyambung Amanah Rakyat’ tersebut, memaparkan tiga tahun terakhir, Pemerintahan H. Ramli MS. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat yang menjadi inisiator utama, membuat alur materi, selain menjelaskan secara detail sosok Ramli MS, juga membahas secara ringkas tentang program infrastruktur.

Direktur STAIN Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag, salah satu yang memberikan tanggapan positif dengan kehadiran buku tersebut, karena mampu menjelaskan secara terperinci program kerja apa saja yang telah dilakukan pemerintah daerah.

“Selama ini kita kurang dapat informasi tentang kerja-kerja pemerintahan, Pak Ramli MS, dengan buku ini, kita dapat ketahui apa saja yang telah dilakukan,” jelasnya.

Namun ia juga menyarankan, agar tim penulisan tidak hanya menyajikan materi program kerja semata, tapi juga memberikan sedikit kisah pilu yang dihadapi masyarakat setempat sebelum pembangunan dilaksanakan.

Alur pemikiran demikian, juga dibenarkan Kepala BPS Meulaboh Muhklis, bahkan dirinya mengaku program Pemerintahan Aceh Barat tergolong berhasil, hal ini dapat dikatakan, usai lembaga sensus ini melakukan beberapa kali survei pada beberapa sektor.

“Data kemajuan ada, seharusnya turut disampaikan secara detail dalam buku ini,” sarannya.

Sedikit berbeda dengan Yarmen Dinamika, selain mengkaji tanda baca secara sempurna, pesonanya, terlihat sedikit menggelitik bahkan mengapresiasikan figur H. Ramli MS sosok pantas menjadi inspiratif bagi orang lain.

H. Ramli MS seorang anak kampung pelosok Aceh Barat yang berjuang di Meulaboh demi menuntut ilmu. Segala pekerjaan serabut dilakoni agar dapat menutupi kebutuhannya.
“Buku layak dibaca, karena memuat perjuangan keras seorang Ramli MS secara detail hingga berhasil sukses,” ungkapnya.(den/rus)