Tiga Gajah Liar Diusir Petugas

Petugas gabungan melakukan penggiringan gajah liar mengunakan mercon di Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (01/12) sore.

REDELONG (RA) – Sebanyak tiga ekor kawanan gajah liar yang memasuki pemukiman warga dan merusak perkebunan berhasil di usir oleh petugas dari pemukiman Dusun Pasar Rakal, Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (01/12) sore.

Kapolres Bener Meriah melalui Kapolsek Pintu Rime Gayo Iptu Mustafa Kepada Rakyat Aceh, Rabu (2/12) menyampaikan, tiga ekor gajah tersebut sebelumnya telah memasuki pemukiman warga dan merusak tanaman yang ada di perkebunan warga.

Menurutnya, selain tanaman warga seperti pisang dan cabai, gajah juga menumbangkan pohon-pohon pinang. “Dari laporan warga, gajah itu sudah berada dikawasan itu sejak kemarin sore,” katanya.

Untuk itu katanya, Selasa sekira pukul 16.50 WIB, pihaknya bersama tim Kecamatan Pintu Rime Gayo dan masyarakat setempat telah berhasil menggiring gajah tersebut ke dalam hutan kawasan Seni Antara menggunakan mercon.

Ia menambahkan, ke tiga ekor gajah tersebut sebelumnya juga pernah merusak rumah Erwin (40) warga Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo pada 17 November 2020 lalu.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar agar masyarakat setempat untuk selalu berhati-hati terhadap kawanan gajah tersebut yang sewaktu-waktu dapat kembali kepemukiman warga.
“Kita juga menghimbau kepada warga jika ada yang melihat kawanan gajah agar segera melaporkan kepada pihak berwajib, sehingga kita dapat bersama-sama untuk menggiring gajah tersebut kedalam hutan,” tegasnya. (uri/bai)