Jalan Punteuet-Mbang Rusak Parah Akibat truk pengangkut galian C dan sawit

Jalan Keude Punteuet yang menghubungkan Mbang, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, mengalami rusak parah. ARMIADI/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Jalan Keude Punteuet Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, yang menghubungkan ke Mbang, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, dalam kondisi rusak parah alias kopak-kapik. Kerusakan jalan sudah terjadi dalam dua tahun terakhir ini, tanpa adanya perbaikan dari Pemko Lhokseumawe.

Disepanjang jalan banyak dijumpai lubang-lubang besar dan digenangi air ketika turun hujan. Kondisi jalan seperti kubangan kerbau dan sangat berbahaya bagi masyarakat pengguna jalan saat terperosok dalam lubang maut tersebut.

“Kami masyarakat tidak tau harus mengadu kemana lagi, persoalan jalan rusak bukan hal baru dan butuh perhatian serius dari Pemerintah dan DPRK Lhokseumawe,” ucap Jafar (40) warga asal Kecamatan Blang Mangat, kepada Rakyat Aceh, Rabu (2/12).

Menurut dia, penyebab kerusakan jalan karena sering dilintasi oleh truk berukuran besar yang mengangkut galian C dan sawit. Seharusnya, pemilik usaha galian C atau pemilik kebun sawit dapat menimbun terhadap jalan-jalan yang rusak tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Camat Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Ridha Fahmi, menyebutkan, kerusakan jalan itu terjadi dalam dua tahun terakhir ini. Kondisi jalan banyak dijumpai lubang-lubang besar dan dapat menganggu aktivitis masyarakat.

Sedangkan, jembatan yang ambruk dan rusak parah itu terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini.

“Jembatan ambruk dan jalan rusak parah karena sering dilewati truk-truk bermuatan berat sehingga tidak mampu menahan beban,” kata Camat Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Ridha Fahmi.

Sebut Ridha Fahmi, menindak lanjuti permohonan masyarakat sepanjang jalur Jalan Punteuet- Mane Kareung maka Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, telah mengeluarkan Seruan Bersama Nomor: 332.6/398 tentang Larangan Melintas Kenderaan Bermuatan Berat.

Dalam seruan itu disampaikan kepada para pengusaha pengangkutan hasil bumi dan supir truck/ dump truk sebagai berikut. Bahwa kenderaan bermuatan berat dilarang melintasi jalur Punteuet –Mane Kareng, karena kondisi jalan dan jembatan rusak berat.

Jalur lintasan kenderaan bermuatan berat dialihkan melalui rute jalur jalan line pipa. Jika seruan bersama ini tidak dilaksakankan akan ada pemasangan portal jalan dari warga sepanjang jalur Punteuet- Mane Kareung. Seruan tersebut ditandatangani oleh Danramil 22 Blang Mangat, Camat Blang Mangat, Kapolsek Blang Mangat, Mukim Teungoh, Keuchik Rayeuk Kareung, Keuchik Mane Kareung, Keuchik Blang Punteuet, Keuchik Asan Kareung dan Keuchik Keude Punteuet. (arm/icm)