Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 3 Dec 2020 18:44 WIB ·

Mahfud MD : Benny Wenda Bentuk Pemerintahan Papua Barat Adalah Makar


 Benny Wenda. (Jawa Pos/Istimewa) Perbesar

Benny Wenda. (Jawa Pos/Istimewa)

JAKARTA (RA) – Pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda mengumumkan pemerintahan sementara Papua Barat. Sehingga, mereka mengklaim bukan lagi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pembentukan pemerintahan sementara yang dilakukan Benny Wenda adalah tindakan makar.

“Jadi dia telah melakukan makar. Karena sudah mempunyai niat dan sudah melangkah untuk melakukan makar,” ujar Mahfud dalam konfrensi persnya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (3/12).

Menurut Mahfud, Benny Wenda telah membuat negara ilusi dengan membuat negara di lain yang jelas-jelas dinyatakan masih berada di dalam ruang lingkup Indonesia. “Menurut kami Benny Wenda ini membuat negara ilusi. Negara yang tidak ada dalam faktanya. Negara Papua Barat itu apa?,” tegasnya.

Bahkan masyarakat di Papua saja tidak mengakui adanya negara Papua Barat. Sehingga dia menilai Benny Wenda sangatlah aneh membentu negara baru di luar Indonesia. “Pemerintah siapa yang mengakui dia (negara Papua Barat-Red). Orang Papua sendiri tidak mengakui,” ungkapnya.

Mahfud mengatakan berdasarkan referendng tahun 1969 Papua sudah secara final adalah bagian dari wilayah di Indonesia. Sehingga hal itu tidak bisa diganggu gugat. “Referendum November 1969 yang disahkan Majelis Umum PBB bahwa Papua itu sah bagian dari Indonesia,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kelompok United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) pimpinan Benny Wenda mengumumkan pemerintahan sementara Papua Barat. Bahkan Benny Wenda telah mendeklarasikan diri menjadi presiden sementara Papua Barat mulai 1 Desember 2020, seraya menolak segala aturan dan kebijakan dari Pemerintah Indonesia. (jawa pos)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Serangan Israel ke Iran Targetkan Pangkalan Militer Dekat Isfahan

19 April 2024 - 14:47 WIB

Drone Kiriman Israel yang Dilumpuhkan Ternyata Diluncurkan Penyusup dari Dalam Iran, Ada Pesan yang Hendak Disampaikan

19 April 2024 - 14:44 WIB

Google Kerja Sama dengan Israel, Karyawan Protes dan Duduki Kantor CEO

18 April 2024 - 15:37 WIB

AS Galang Dukungan dari Negara Sekutu, Israel Malah Gertak Iran

17 April 2024 - 14:55 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Serangan ke Israel Berlanjut, Kali Ini Giliran Hizbullah

16 April 2024 - 15:19 WIB

Trending di INTERNASIONAL