TAKENGON (RA) – Masyarakat Gayo melakukan prosesi tepung tawari atau acap disebut peusijuek, terhadap Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam rangka menyambut kedatangan orang nomor satu di Aceh itu di Tanah Gayo. Prosesi peusijuek tersebut berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Kamis, (3/12/2020).

Nova tiba di Aceh Tengah pada Rabu 2/12/2020 malam. Ia datang untuk melaksanakan sejumlah tugas kedinasan. Kunjungan tersebut, merupakan kunjungan pertama kali Nova usai dilantik sebagai Gubernur Aceh.

Dalam prosesi peusijuek itu, Gubernur didampingi Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Kapolres dan Dandim 0106 Aceh Tengah, serta sejumlah Kepala SKPA yang ikut dalam rombongan Gubernur.

Prosesi peusijeuk dilakukan oleh Ketua Majelis Adat Gayo, Bantajut Aspalla, dengan diawali dengan pemasangan kain Upuh ulen ulen bermotif kerawang Gayo kepada Gubernur. Selanjutnya prosesi peusijuk pun dilakukan dengan diiringi doa.

Sebelum melakukan peusijuek, terlebih dahulu Ketua Majelis Adat Gayo, Bantajut Aspalla, melantunkan syair yang berisi untaian doa dan harapan kepada Gubernur.

Dalam syair tersebut ia mendoakan kepemimpinan Aceh di bawah Nova Iriansyah dapat berjalan lancar. Ia mengatakan masyarakat Gayo mendoakan selalu Gubernur Nova agar diberi kesehatan dan sukses dalam menjalankan tugasnya.

“Prosesi peusijuek ini merupakan tanda kehormatan untuk menyambut kedatangan tamu yang dihormati,”ujar Aspalla.

Prosesi acara peusijuek tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah peserta yang hadir.[Ra]