Pemuda Tamiang Muallaf di Langsa

Muhammad Yusuf Mangunsong saat proses pensyahadatan, Rabu (2/12). IST

LANGSA (RA) – Seorang pemuda asal Kabupaten Aceh Tamiang yang bekerja sebagai penjual sate di Gampong Merandeh, Langsa Lama, Yosep Mangunsong (23), resmi menjadi muallaf setelah mengucapkan syahadat di Masjid Syuhada, Gampong Meutia, Langsa Kota, Selasa malam (1/12).

Usai pensyahadatan yang dipandu langsung oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Langsa, Tgk Salahuddin Muhammad, pemuda yang selama ini menetap di Gampong Teungoh, Langsa Kota berganti nama dari Yosep Mangunsong menjadi Muhammad Yusuf Mangunsong.

Usia pensyahadatan, Muhammad Yusuf mengatakan, keinginan menjadi muallaf telah satu bulan lebih dipendam dalam dirinya. Namun saat itu belum ada jalan yang menfasilitasi keinginannya sehingga terus tertunda.

“Alhamdulillah, akhirnya keinginan ini terpenuhi setelah saya jumpa bang Agus Setiawan atau dikenal dengan Agus Mandor. Beliau membawa saya ke masjid Gampong Mutia dan langsung dimbimbing oleh ketua MPU Langsa untuk syahadat,” tutur Muhammad, terharu.
Sementara itu, Agus Setiawan alias Agus Mandor mengatakan, dirinya mendapatkan inbox messenger dari temannya Syawaluddin, bahwa ada seorang pemuda asal Aceh Tamiang yang sebelumnya beragama Kristen Katolik ingin menjadi muallaf.

“Menyahuti pesan ini, saya langsung berkoordinasi dengan Ketua MPU Langsa, beliau (ketua MPU) meminta saya untuk membawa saudara kita Muhammad Yusuf Mangunsong ke masjid Syuhada Gampong Mutia guna proses pensyahadatan. Alhamdulillah proses berjalan lancar usai shalat dan selanjutnya Muhammad Yusuf akan mendapatkan pembinaan dari MPU,” terang Agus. (dai/icm)