Siswa MIN 8 Bireuen Pakai Masker Serentak

BIREUEN (RA)- Ratusan pelajar tingkat Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, memakai masker serentak pada Rabu (2/12). Aksi ini dilakukan sebagai bagian ikhtiar masyarakat di lingkungan sekolah dalam melawan dan mencegah penyebaran virus covid-19.

Hakikat Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) bukan semata membagikan masker, namun membiasakan dan membudayakan siswa senantiasa selalu menggunakan masker.

GEMAS diluncurkan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mencegah penularan covid-19 di sekolah. Karena siswa sekolah dianggap rentan terhadap paparan virus yang menyerang organ pernafasan manusia tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah MIN 8 Bireuen, Drs Yusri, MA, via seluler kepada Rakyat Aceh, Kamis (3/12).

Disebutkan, masker yang telah kita bagikan kemarin di lingkungan sekolah berjumlah 740 lembar. Masker yang diberikan kepada para guru, merupakan masker yang diakui standar kesehatannya dengan jumlah 89 lembar. Sedangkan untuk para siswa, diberikan masker dengan tiga lapisan kain sebanyak 651 lembar.

“Gerakan Masker Sekolah (Gemas), bukan hanya kegiatan bagi-bagi masker, tapi ini lebih menanamkan kembali penerapan tatanan hidup baru kepada siswa-siswi sekolah MIN 8 Bireuen. Selain itu, membekali mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana penularannya dan cara mencegah covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Yusri menyebutkan, Gemas merupakan program yang diluncurkan Pemerintah Aceh, dimana secara serentak, memakaikan masker kepada 1.081.174 siswa di Aceh. Gerakan ini, bertujuan, agar siswa semua jenjang, senantiasa memakai masker saat keluar rumah dan saat beraktivitas di sekolah, sehingga potensi tertular dan menularkan virus bisa dihindari.

“Kita berharap selain masyarakat, tenaga pendidik dan siswa ibtidaiyah, setiap keluar rumah dan beraktivitas di sekolah selalu memakai masker,” harap Kepala Sekolah MIN 8 Bireuen ini.

Baca Juga...  Sabtu Besok,Gubernur Buka Muzakarah Ulama Se-Aceh di Lhokseumawe

Dalam laporan Kepala sekolah MIN 8 Bireuen, kegiatan yang dikemas dalam program Gerakan Masker Sekolah (Gemas) kemarin, turut dihadiri Kepala UPTD Pukesmas Gandapura, dr Emy Handriany, Kapolsek Gandapura diwakili Kanit Binmas Polsek, Bripka Muhammad Nur, dan Penanggung Jawab Promkes UPTD Pukesmas Gandapura, Muntasir A. Md, Kep. (akh)