SMK PP Kutacane Juara Pertama FLS

Moda literasi bergerak SMKN PP Kutacane, raih juara pertama pada festival literasi provinsi Aceh 2020. NAUVAL/RAKYAT ACEH

KUTACANE (RA) – Moda literasi bergerak milik SMK PP Negeri Kutacane, meraih juara pertama pada festival literasi, se Aceh yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Aceh.

Kepala Sekolah SMK PP Negeri Kutacane, Muhammad mengatakan, dalam lomba festival literasi sekolah (FLS) dari 18 kabupaten/kota, kegiatan ini sendiri sebelumnya diseleksi via daring untuk masuk grand final 10 besar, yang di ikuti sebanyak 20 sudut baca serta sebabyak 20 peserta moda literasi buku elektronik.

” Sekolah kita, SMK PP Kutacane, masuk grand final dan berhasil juara untuk katagori moda literasi bergerak yang berlomba dengan 10 peserta SMK lainnya,” kata Muhammad.

Jelasnya, setelah masuk 10 besar para perwakilan dari SMK PP Negeri Kutacane selanjutnya mempresentasikan didepan juri dari tim literasi Aceh, IGI Aceh, serta juri yang berkompeten dibidang literasi.

“Memperoleh jaura pertama ini menjadi tantangan bagi kita SMK PP Kutacane, untuk terus mendorong minat baca siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya,” kata Muhammad.

Muhammad melanjutkan, untuk moda literasi bergeral disekolah dipimpinnya masuk kedalam peringkat pertama, yakni modifikasi motor viar roda tiga dijadikan perpustakaan berjalan. Kegiatan ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 2018 hingga sekarang.

“Tahun 2019 sekolah kita juga menjadi juara Pertama lomba literasi bergerak tingkat provinsi dan tahun 2020 bisa dipertahankan dan menjadi duta literasi Aceh,” katanya.

“Gerakan literasi sekolah akan berjalan dan menumbuhkan minat baca dikalangan siswa dan guru,” lanjut Muhammad, yang juga mantan guru literasi nasional dan penulis buku kepsek now di era milineal.

Ia menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas perolehan juara pertama moda literasi bergerak yang diikuti oleh siswanya, Maysarah, Muhammad Saleh serta Rafsanjani SP, selaku pembimbing.

Begitu juga terima kasih kepada teamwork gerakan literasi sekolah yang kontinyu terus meningkatkan minat baca kepada siswa dan masyarakat Kutacane dengan moda literasi bergeraknya. Juga melalui pojok baca dan mading sekolahnya. (val/bai)