Enam Ratusan Tanaman Sawit di TNGL Dimusnahkan

Petugas memotong tanaman sawit yang masuk dalam kawasan TNGL di Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis (03/12). IST/RAKYAT ACEH

KUTACANE (RA) – Sebanyak 600 ratus batang sawit yang ditanam di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) dimusnahkan petugas gabungan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Aceh Tenggara bersama mitra.

Kepala Resort TNGL wilayah Lawe Mamas, Sabaruddin Pinem mengatakan, kegiatan pemusnahan tanaman jenis sawit tersebut, dikarenakan menyalahi aturan dan ilegal karena berada dan ditanami dalam kawasan hutan Gunung Leuser.

“Tentu itu menyalahi aturan, sebab lokasi tersebut masuk dalam kawasan taman leuser,” kata Sabaruddin Pinem, Kamis (03/12).

Dijelaskan, lokasi pemusnahan tanaman tersebut seperti di Resort Lawe Mamas, Kecamatan Darul Hasanah. Sawit dimusnahkan tersebar di beberapa desa seperti, Desa Kuning Abadi, Mentedak, Deleng Meruntuh dan desa lainnya dalam Kecamatan Darul Hasanah.

“Sawit ilegal ini dimusnahkan dengan cara di tebang, baik dengan menggunakan parang dan ada yang dengan chinchaw,” katanya lagi.

Menurut, adapun tanaman pengganti sawit yang telah ditebang itu, kini ditanami komoditi seperti, seperti durian, petai, jengkol dan lainnya, tanaman tersebut masuk kategori tanaman kokoh.

“Ada sekitar 6 hektar keseluruhan tanaman sawit yang kita tebangi, lokasinya menyebar dalam kawasan resort Lawe Mamas,” pungkas Sabarudin. (val/bai)