Tim Rugby Aceh Kalahkan Kalsel 4-0

Harianrakyataceh.com – Tim Rugby Putra Aceh unggul 4 – 0 atas Kalimantan Selatan dalam turnamen Aceh Open 2020 di stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (5/12)

Turnamen pèrtama kalinya di Aceh ini sebagai promosi cabang olahraga baru dan akan dipertandingkan pada PON XX di Papua tahun 2021.

Meski dalam suasana covid. Pertandingan kemarin tidak ada penonton hanya pengurus cabor dan atlet yang dibuka Ketua Pelatda KONI Aceh Bachtiar Hasan.

Ketua Pelatda mengatakan rugby ini merupakan olahraga baru di Aceh kemudian beberapa dibentuk dan masuk sebagai cabang berprestasi dan dipertandingkan pada PON Papua tahun 2021.

Ketua Pengprov Rugby Aceh Andry Agung mengatakan ia telah berupaya membangun dan sekaligus memperkenalkan olahraga yang masih baru di Aceh bersama pengurus.

‘Alhamdulillah kita sudah punya atlet putra dan putri dan sampai saat ini terus berjalan’, ujarnya.

Pada pra PON, katanya cabor Rugby Aceh putra – putri berhasil lolos menuju Papua meski berada di rangking 5 dan pihak KONI Aceh akan mengusahakan cabor ini bisa berangkat

Pertandingan kemarin terlihat anak Rugby Aceh nampak menguasai lapangan diantaranya Adam Azka, Gilang dan Syahril mampu lolos dari kepungan anak Kalimantan Selatan.

Begitupun di hadang anak Kalimantan justru bola mampu dibawa lari oleh anak asuh Andry Agung ini sampai melewati tiang gawang.

Sebagaimana diketahui permainan rugby ini lamanya 7 x 2 menit dengan pemain 7 orang luas lapangan sepakbola. Bola akan masuk jadi poin jika pemain mampu lolos dari kepungan atau kejaran lawan baik dengan membawa lari maupun menyepak ke depan.

Tetapi karena bolanya lonjong maka tendangan tidak akan lurus dan jika melenceng dari gawang maka tidak ada poin. (imj)