Putra Aceh yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa MBA Khazar University, Misbahul Munawar, terpilih sebagai Ketua PPPPPI Azerbaijan periode 2020-2021.

BAKU (RA) – Putra Aceh yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa MBA Khazar University, Misbahul Munawar, terpilih sebagai ketua Persatuan Pelajar Pemuda Indonesia (PPPI) Azerbaijan periode 2020-2021.

Hasil penghitungan suara yang dilakukan panitia Kongres PPPI Azerbaijan menyatakan, suara pria yang kerap disapa dengan ‘Kun’ tersebut, mendominasi dengan raihan 66,7% suara, berbanding dengan rivalnya Kholidah Tamami Mahasiswa Doktoral Baku State University yang mendapatkan 26,7% suara.

Kontestasi keduanya berlangsung alot. Rivalnya, Kholidah Tamami memiliki CV mentereng. Ia tercatat sebagai Ketua Fatayat Nahdhatul Ulama (NU) di Azerbaijan. Selain itu, Kholidah merupakan keponakan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin.

Pemuda asal Kota Lhokseumawe, memperoleh suara terbanyak pada pemilihan secara serentak di Musyawarah Besar (Mubes) PPPI Azerbaijan ke III yang diselenggarakan hari minggu 6 Desember 2020 di kota Baku, yang berlangsung via daring.

Untuk pertama kali pemungutan dan penghitungan suara dilakukan secara daring, dikarenakan ada larangan berkumpul di kota Baku ibukota Azerbaijan, disebab kebijakan Pemerintah Azerbaijan dalam upaya pencegahan dari penyebaran wabah Covid 19 yang makin meningkat.

Proses tersebut diikuti semua mahasiswa dan pemuda Indonesia di Azerbaijan. Dimulai dengan pembukaan Kongres oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Azerbaijan, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Ad/Art sera tata tertitertib pemilihan. Berdasarkan rekapitulasi E-Voting, alumni UIN Ar-Raniry itu sah terpilih sebagai ketua terpilih PPPI Azerbaijan untuk periode 2020-2021.

Dalam penyampaian pidato kampanyenya, Kun menegaskan visi misinya untuk PPPI Azerbaijan ke depan, mengusung konsep KARABAKH yaitu Kreatif, Aktif, Religius, Akademis, Beradap, Adaptatif, Kontributitif dan Hangat. Menurutnya, sejumlah langkah strategis akan diambil, seperti menjalin hubungan baik dengan Keluarga Besar Ri.

“Kita juga upayakan membagun hubungan dengan lembaga-lembaga Internasional lainnya, baik yang berada di Azerbaijan maupun di tempat lain,” terang Misbahul Munawar, yang juga Ketua Komisi Pendidikan, Forum mahasiswa Aceh-Dunia ini, Senin (7/12).

Acara musyawarah pemilihan ketua PPPI Azerbaijan ini di buka langsung oleh Duta besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan H Hildi hamid. Terpilihnya putra asli Lhokseumawe itu, diapresiasi pihaknya. Ia berharap, di bawah kepemimpinan alumni Pesantren Syamsuddhuha, Cot Murong itu, PPPI Azerbaijan lebih aktif lagi.

“Moga PPPI azerbaijan yang baru ini lebih aktif dari yang sudah-sudah. Jadikan organisasi ini sebagai organisasi pembelajaran untuk menambah jaringan dan pertemanan,” harap Dubes Indonesia untuk Azerbaijan itu. (ra/icm)