Setir Rusak, Pikap L300 Muatan Kepiting Terbalik dan Hantam Pipa PDAM

Truk kren tengah mengevakuasi pikap L300 muatan kepiting yang terbalik akibat setir rusak, di kawasan bukit Seumadam, Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (9/12). IST/RAKYAT ACEH

ACEH TAMIANG (RA) – Mobil barang jenis pikap L300 terbalik di jalan lintas provinsi, di kawasan bukit Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (9/12).

Informasi dihimpun, insiden kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat iti pikap L300 BL 8240 U yang ditumpangi dua orang ini melaju dari arah Kuala Simpang tujuan Medan. Tiba-tiba terjadi kerusakan teknis pada setir tidak bisa belok ke kiri. “Setiurnya langsung pulas ke kanan, tidak bisa dibelokan ke kiri,” kata Sibram seorang warga dari lokasi kejadian.

Sebelum terbalik, lanjut Sibram, mobil pikap itu sempat menghantam pipa distribusi air milik PDAM Tirta Tamiang yang ada dipinggir jalan hingga putus. Sementara muatan kepiting dalam fiber tumpah ke parit.

“Sopirnya bilang membawa muatan kepiting dari Kota Langsa akan dikirim ke Pangkalan Susu, Langkat,” sebut Bram mengutip pernyataan sopir.

Kanit Laka Satlantas Polres Aceh Tamiang, Ipda Nasri Gultom saat dihubungi mengatakan, anggota Satlantas sedang menuju ke lokasi kejadian, karena sejauh ini tidak ada laporan masuk ke Kantor Satlantas.

Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Hendra Sukmana kepada Rakyat Aceh membenarkan kejadian tersebut. Ia menyatakan, pada pukul 11.00 WIB sudah dilakukan proses evakuasi menggunakan truk kren.

“Penumpang pikap dua orang (sopir dan kernet). Satu orang kernet luka ringan di dagu,” terang Hendra.

Sopir pikap nahas itu diketahui bernama Adam warga Desa Alue Nunang, Kecamatan Banda Mulia, Aceh Tamiang. Awalnya mobil pikap L300 muatan kepiting ini melaju dari arah Kuala Simpang menuju Medan. Setibanya di TKP, setiur/control mobil pikap yang dikemudian Adam berbelok ke arah kanan tidak bisa dikembalikan lagi ke kiri.

“Ini Laka tunggal tidak ada kontra dengan kendaraan lain. Mobil korban sudah diangkut menggunakan dump truk balik ke Kampung Sungai Iyu,” tukas Kapolsek. (dede)