Binter Program Kesejahteraan Masyarakat Ditengah Pandemi

Penebaran benih lele dan nila di Komplek Dayah Asasul Islamiah Peureulak, Selasa sore (8/12). Maulana/Rakyat Aceh

IDI (RA) – Kodam Iskandar Muda bersama Kodim 0104 Aceh Timur melakukan Pembinaan Terpadu (Binter) di Dayah Asasul Islamiah Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Selasa Sore 8/12.

Acara Binter ini dimulai dengan Ziarah ke makam ulama kharismatik Aceh Alm Tgk H Bukhari Hasan atau yang dikenal Abu Leuge Peureulak. Setelah ziarah, dilanjutkan dengan penebaran benih ikan lele ke dalam Bioflok yang telah disediakan dalam kompleks ponpes.

Dandim Aceh Timur, Komandan Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, mengatakan Binter merupakan bagian kerjasama Kodam Iskandar Muda dan Kodim yang pada prinsipnya dilaksanakan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat ditengah Pandemi ini.

“Harapannya kegiatan ini dapat menyentuh masyarakat khususnya didayah supaya santri kita lebih aktif dan disisi lain mereka juga bisa lebih produktif dengan kegiatan lainnya,” tandas Dandim.

Binter ini menyasar beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Timur, diantaranya, pembangunan di Gampong Buket Pala, Kecamatan Peureulak dengan sasaran fisik yakni pembuatan 12 Unit Bioflok ikan Lele dan Nila.

Kemudian, 5 Unit perehaban Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), 1 Unit perehaban Meunasah (Tempat ibadah), perehaban Makam Syeh Bandar Khalifah, 1 Unit pembuatan MCK, 1 Unit Budidaya Jahe, 10 Unit Budidaya ayam potong, dan 2 Unit pembuatan Rumah Online.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang sedang menghadapi masa pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib mengapresiasi upaya Dandim 0104 Aceh Timur yang telah melaksanakan Binter bahkan Selaku kepala daeraah ia mengapresiasi kegiatan Binter tersebut.

“Kita mengucapkan terimakasih karena Kodim telah melaksanakan banyak kegiatan sosial di Aceh Timur apalagi ditengah Covid 19 telah mampu bekerja sama membantu Aceh Timur ditengah kondisi seperti ini,” ujar Bupati. (mol/icm)