Aceh Besar Juara 2 Duta Pelajar Kamtibmas Aceh

Duta Pelajar Kamtibmas Aceh Besar Cut Riska Adilla Muli dan M Firdaus Ariansyah didampingi pembimbing AKP Ramlan pada lomba Duta Pelajar Kamtibmas tingkat Aceh di Hotel Grand Aceh Lueng Bata Banda Aceh Kamis (10/12) malam. TARMIDI YUSUF/ RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Duta Pelajar Kamtibmas Kabupaten Aceh Besar kategori putri atas nama Cut Riska Adilla Muli, siswa SMA Modal Bangsa yang merupakan binaan dari Polres Aceh Besar meraih juara 2 Lomba Duta Kamtibmas tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020 yang digelar oleh Polda Aceh di Hotel Grand Aceh Lueng Bata Banda Aceh Kamis (10/12) malam.

Untuk kategori putra, utusan dari Aceh Besar bernama M Firdaus Ariansyah, pelajar SMA Islam Ruhul Falah Aceh Besar meraih juara 3. Dan juara 1 dan 2 diraih oleh Dian Amsyah Putra dari Aceh Tengah dan Muslih dari Aceh Barat Daya. Sedangkan untuk kategori putri, juara 1 atas nama Srikandi dari Aceh Barat Daya, dan Juara 3 dari Aceh Tengah atas nama Havni Nurul Maesya Munthe.

Adapun sistem penilaian dari lomba Duta Pelajar Kamtibmas tersebut, selain kriteria sikap prilaku dan komitmen terhadap bidang terkait, peserta juga mengikuti tes tertulis dalam bidang Narkoba, Lalu Lintas, wawasan kebangsaan, ITE, indisipliner dan kekerasan di sekolah. Dan dewan jurinya adalah Kompol Ardian, AKP Sapriadi dan Ferry dari Polda Aceh.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada melalui Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar dalam arahannya saat acara penutupan meminta kepada para Duta Pelajar Kamtibmas baik yang meraih juara atau tidak untuk tetap menunjukkan kemampuan dan potensi diri sebagai generasi muda demi membangun masa depan yang lebih baik.

Kemudian, tambah Kombes Muslim Siregar, untuk maju dan sukses harus bekerja keras. Ia mencontohkan negara Jepang yang sukses karena berkat kerja keras dan cerdas, bukan hanya kerja dengan standar-standar saja.

Di akhir arahannya, Muslim berharap kepada semua Duta Pelajar Kamtibmas menjadi harapan masyarakat, bangsa dan negara, bukan hanya sekedar mengikuti lomba. “Tapi jadilah Duta Pejalar Kamtibmas sesungguhnya di tengah masyarakat yang menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat,” harapnya.

Baca Juga...  Kalapas Kelas III Lhoknga Dapat Penghargaan dari Rakyat Aceh Sebagai Peduli Lingkungan dan Warga Binaan

Sementara Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan melalui Kasat Binmas AKP Ramlan yang menjadi pembimbing dan mendampingi para peserta dari awal hingga akhir, kepada Rakyat Aceh mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kepada duta pelajar untusan Aceh Besar yang sudah tampil maksimal.

“Dan juga kepada guru pendamping serta seluruh tim yang sudah bekerja maksimal, kita ucapkan terima kasih. Tentu ini akan menjadi pengalaman berharga bagi kita, dan isnya Allah ke depan kita akan berupaya untuk mendapatkan hasil yang baik,” ungkap AKP Ramlan.

Masih menurut Ramlan, hal terpenting bagi seorang duta Kamtibmas, tidak hanya juara, juga sebagai pembawa pesan Kamtibmas. “Iya sekurang-kurangnya, di kalangan pelajar di Aceh Besar,” pungkas AKP Ramlan. (tar)