GMM Bireuen Sambut Goweser Pengeliling Dunia Asal Spanyol

BIREUEN (RA)- Maia Lan (24) terlihat terus memacu sepedanya, di bagian belakang, sebelah kiri dan kanan sepeda touringnya terlihat jirigen yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, yang difungsikan sebagai tempat barang-barang. Peluh bercucuran di wajah putihnya yang tirus.

Wanita yang berasal dari Spanyol ini bukanlah wanita biasa, tapi dia adalah wanita perkasa. Sudah 22 negara dia jajaki dengan sepeda dalam rangka menuntaskan obsesi untuk keliling dunia.

Sepanjang perjalanannya di Indonesia, Maia tidak sendirian. Ia ditemani rekannya Rafli Purnama (26), pria asal Cimahi, Jawa Barat ini, terus setia menemani Maia Lan. Dalam rangka menembus 0 KM Sabang setelah menempuh ribuan Mil dari 0 KM Yogyakarta.

Perjalanan yang cukup panjang, sering juga dilakukan oleh goweser lain. Tapi Maia dan Rafli punya keunikan, keunikannya adalah mereka mengkampanyekan dengan hastag “#zerowastegowes”, sampah yang mereka hasilkan dikumpulkan dan dimanfaatkan kembali (daur ulang).

Tak mau kehilangan momentum langka tersebut, Sabtu (12/12) sejumlah goweser dari Komunitas GMM Bike Community menyambut kedatangan mereka di perbatasan Kabupaten Bireuen, tepatnya di ujung barat jembatan Krueng Mane, yang merupakan perbatasan Kabupaten Aceh Utara.

“Kami terus memantau pergerakan mereka, saya komunikasikan terus dengan Rafli, sehingga hari ini GMM berkesempatan menyambut goweser asal Spanyol itu,” kata Hamdani, SE.,MSM yang merupakan ketua komunitas GMM kepada Rakyat Aceh, Minggu (13/12).

Hamdani menyebutkan, pihak GMM merasa sangat gembira, karena Maia dan Rafli berkenan singgah di markas mereka di Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen.

“Ini merupakan kejutan buat kami GMM, karena goweser dari Spanyol ini mau singgah di markas kami. Ini sangat suprise buat rekan-rekan GMM. Bukan kali pertama markas GMM menyambut rekan-rekan goweser, sekira dua minggu lalu ada dua goweser dari Yogyakarta yang keliling nusantara dari Sabang sampai Meurauke, juga disambut dengan bersahaja di markas GMM,” ujar Hamdani.

Informasi tambahan yang diterima media ini, Maia dan Rafli akan menginap di Bireuen semalam, dan kemudian mereka akan melanjutkan perjalanan ke Pidie Jaya. (akh)