Sejumlah Ruas Jalan Amblas

Jalan amblas di jalan lintas Pondok Baru-Samarkilang kawasan Genting Keken, Kecamatan Syiah Utama. MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Hujan deras yang menguyur Bener Meriah Minggu (13/12) mengakibatkan sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Bener Meriah amblas dan tertimbun tanah longosor.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kalak BPBD Bener Meriah, Safriadi, kepada Rakyat Aceh, Minggu (13/12).

Sebutnya, jalan yang paling parah amblas terjadi di jalan lintas Pondok Baru-Samarkilang tepatnya di kawasan Genting Keken, Kecamatan Syiah Utama. “Jalan amblas mengakibatkan hanya dapat dilintasi oleh kendaraan roda dua,” ungkapnya.

Menurutnya, tim dari Provinsi Aceh telah turun ke lokasi untuk memperbaiki jalan yang amblas tersebut agar dapat dilintasi oleh kederaan roda 4. ”Jalan amblas itu kini sudah ditangani secara darurat agar bisa dilintasi kendaraan roda empat,” ujarnya.

Ia menambahkan, bencana longsor juga terjadi dijalan perkebunan masyarakat simpang RSUD Muyang Kute-Pepedang, Kampung Tingkem, Kecamatan Bukit sehingga warga tidak dapat mengangkut hasil penen kopi yang saat ini sedang panen.

Selanjutnya, jalan amblas juga terjadi di di Kampung Ceding Ayu Kecamatan Permata. “Kita juga sudah turun kelokasi kemarin dan berencana akan segera memperbaiki jalan penghubung antar kampong tersebut agar dapat kembali normal,” ungkpnya.

Tidak hanya itu katanya, longsor di Kampong Lut Kucak, Kecamatan Wih Pesam, juga mengakibatkan satu unit rumah warga yang rusak, beberapa tiang listrik di beberapa tempat juga tumbang sehingga mengakibatkan listrik padam. (uri/bai)