Pemain Timnas Indonesia U-22 Witan Sulaiman melakukan selebrasi setelah berhasil membobol gawang Malaysia pada Laga Piala AFF U-22 2019 di Stadion National Olimpic Phnom Penh, Kamboja. (Allex Qomarulla/Jawa Pos)

Harianrakyataceh.com – Komposisi pemain timnas Indonesia U-19 yang akan menjalani training camp (TC) di Spanyol bisa jadi tidak lengkap. Sebab, PSSI bakal sulit memanggil pemain-pemain yang saat ini berkompetisi di Eropa. Sebut saja Elkan Baggott, Witan Sulaeman, hingga yang terbaru Brylian Aldama.

Alasannya, TC timnas U-19 di Spanyol pada akhir Desember ini tidak masuk agenda FIFA. Tentu Elkan yang menjadi andalan Ipswich Town U-18 dan Witan yang beberapa kali masuk skuad utama FK Radnik Surdulica tidak akan dilepas klub masing-masing.

PSSI menyadari hal tersebut. Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan, pihaknya sulit memanggil mereka untuk bergabung karena terkendala aturan FIFA.

’’Aturannya kan sudah jelas. Tapi, tinggal bagaimana kami berkomunikasi dengan klub-klub mereka,’’ terangnya.

Komunikasi sudah diupayakan. Selain mengontak beberapa klub dan negara untuk menjadi lawan tanding timnas U-19 di Spanyol, PSSI berupaya merayu klub Elkan, Witan, dan Brylian agar bisa melepas mereka untuk mengikuti TC di Spanyol.

’’Apakah mereka bisa datang dan berapa hari diizinkan ikut, kami masih mencoba melobi hal itu,’’ katanya.

Yunus mengungkapkan, federasi mengerti karir para pemain itu lebih penting. Bisa bermain di klub Eropa menjadi salah satu capaian luar biasa bagi pemain Indonesia. Tapi, Garuda Muda saat ini juga membutuhkan jasa tiga pemain tersebut.

’’Mudah-mudahan klub mau memahami karena kami kan sedang persiapan Piala Dunia U-20,’’ terangnya.

Di luar itu, pria asal Gorontalo tersebut juga mengatakan bahwa PSSI masih punya tugas untuk berkomunikasi dengan beberapa pemain keturunan. Setidaknya ada tujuh pemain keturunan Indonesia di Eropa yang diharapkan bisa datang ketika timnas U-19 menjalani TC di Spanyol.

’’Selama ini Shin Tae-yong hanya memantau mereka dari tayangam video. Dia ingin melihat langsung kemampuan pemain keturunan ini saat latihan di Spanyol,’’ bebernya.

Sejauh ini baru empat pemain keturunan yang sudah dicoba Shin Tae-yong. Keempatnya adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Noah Mahessa, dan Luah Fynn Jeremy Mahessa. Di antara empat nama tersebut, Elkan dan Jack sesuai dengan ekspektasi Shin Tae-yong. (JPG/rif)