Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 17 Dec 2020 11:44 WIB ·

Pemko Gagas Pembentukan Relawan PB Kota


 Pemko Gagas Pembentukan Relawan PB Kota Perbesar

harianrakyataceh.com Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah mulai menggagas pembentukan Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Kota Banda Aceh.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banda Aceh melalui Kabid. Pencegahan dan Kesiapsiapsiagaan BPBD Kota Banda Aceh, Sabri, S. Sos  menyampaikan gagasan ini muncul dikarenakan pasca Pelatihan 1000 peserta  relawan covid-19 kota Banda Aceh dan Aceh Besar Program BNPB tahun 2020 yang di laksanakan di salah satu hotel di Banda aceh.

 Dikatakan, dimana 70 persen yang ikut dalam pelatihan tersebut adalah  dari unsur perwakilan  masyarakat Kota Banda Aceh di  9 kecamatan dan 90 gampong dalam wilayah kota Banda Aceh dan lembaga atau organisasi di Kota  Banda Aceh dan Aceh Besar.

Lebih lanjut Sabri menyampaikan jauh sebelumnya sudah terpikirkan untuk membentuk “Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Kota Banda Aceh. Akan tetapi dikarenakan ada kendala dan hambatan  yang terjadi sehingga belum bisa terbentuk.

“Ini merupakan kesempatan bagus yang harus kita manfaatkan dimana peserta yang kita minta dan dikirim untuk mengikuti pelatihan relawan covid=19 kebanyakan dari unsur masyarakat gampong  timbul inisiasi untuk kita rangkul dalam satu ikatan “Relawan PB Kota Banda Aceh” saat masuk keruang ke ruang minta kesempatan waktu selama 5 menit pada Lionsion Offiicer (LO) untuk menyampaikan gagasan tesebut kepada peserta menyambut baik dan setuju untuk dijadikan anggota Relawan Kota Banda Aceh,” jelas Sabri, Kamis (17/12).

Salah satu yang disampaikan untuk menggugah peserta  membangkitkan jiwa kerelawan pada peserta dimana mereka yang dikirim oleh keuchik merupakan orang orang pilihan, sabri juga menyampaikan arti relawan bermula dari kata “Sukarela” artinya  berbuat dengan ikhlas dan tanpa unsur paksanaan  dan pamrih. Sehingga membuat peserta mendukung dan siap bekerja kemanuasian sebagai anggota relawan PB kota Banda Aceh.

Sabri juga menyampaikan Banda Aceh merupakan salah satu kota yang ditimpa wabah pendami civid-19 yang terjadi tahun 2019 yang dimulai dari wuhan china dan saat Ini sudah menyeluruh dunia sampai ke Banda Aceh.

“Ini merupakan salah satu bencana non-alam, kita tidak tutup mata dimana aceh merupakan julukan laboratoruim bencana dimana yang sering terjadi baik gempa bumim tsunami besar yang melanda Banda Aceh dan sekitarnya tahun 2004, dan bencana lainnya kemungkinan bisa terjadi diluar kemampuan kita memprediksinya, oleh karena itu kita sebagai manusia yang diberi akal wajib berusaha untuk menyelamatkan diri dari ancaman ancaman bencana yang kemungkinan sewaktu waktu bisa terjadi,” kata Sabri.

Dengan terbentukanya Relawan PB ini innformasi dapat cepat tersampaikan pada masyarakat bawah yaitu gampong sehingga tindakan keputusan bisa diambil cepat dalam menyelamatan diri  dari bencana terjadi.  (rus)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran

29 March 2024 - 18:05 WIB

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

LPTQ Aceh Gelar Haflah Tadarus Ramadhan di Masjid Tungkop

29 March 2024 - 14:46 WIB

Trending di UTAMA