Pelayanan Cetak KTP-e dan KIA Kembali Normal

Kepala Dinas Disdukcapil Aceh Utara, Safrizal.

LHOKSUKON (RA) – Pelayanan untuk cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) dan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara, kembali lancar sejak Senin lalu (14/12).

Sebelumnya, pasca banjir yang melanda Ibukota Aceh Utara di Lhoksukon, membuat Disdukcapil setempat ikut terendam banjir. Akibatnya, pelayanan cetak KTP-e dan KIA terkendala, karena peralatan rusak setelah digenangi banjir didalam kantor Disdukcapil Aceh Utara.

Kepala Dinas Disdukcapil Aceh Utara, Safrizal, kepada Rakyat Aceh mengatakan, pihaknya tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

“Jadi untuk cetak KTP-e dan KIA, sejak Senin 14 Desember lalu sudah aktif kembali dengan menggunakan peralatan kabinal yakni kita rakit server kecamatan dan sisa peralatan yang ikut terendam banjir,” katanya, Kamis (17/12).

Sebut dia, dalam satu hari itu hanya bisa mencetak 128 lembar KTP-e dengan peralatan rakitan atau seadanya. Karena, ada adaptor lain tidak bisa difungsikan, setelah dibuat pasca banjir ternyata sudah hangus sehingga secara otomatis perlu pengadaan ulang.

“Pelayanan administrasi kependudukan tidak boleh terhenti, sejak Senin kemarin sudah ada sekitar 200-san yang mengurus KTP, KIA, KK, akte dan lainnya,” ucapnya. (arm/icm)