Waiting List Haji Aceh 31 Tahun

Kakanwil kemenag Aceh, Dr Iqbal Muhammad
Quote : Kakanwil Kemenag Aceh, Dr. Iqbal Muhammad
“Semoga 2021 jamaah haji kita dari Aceh bisa berangkat dan kita berdoa tidak ada lagi pandemi covid-19

BANDA ACEH (RA) – Bagi calon jamaah haji Aceh harus banyak bersabar. Pasalnya, untuk dipanggil dan bisa berangkat haji sesuai dengan porsi, masa tunggu (waiting list) selama 31 tahun.

“Tahun 2020 kita tidak ada yang berangkat haji ke Arab Saudi karena pandemi COVID-19. Ini akan kita berangkatkan tahun 2021,” jelas Kakanwil Kemenag Aceh, Dr. Iqbal Muhammad, Selasa (22/12) di Aula Kemenag Aceh.

Meski demikian, lanjutnya, ada jamaah calon jamaah haji yang membatalkan berangkat haji tahun 2021, karena menarik biaya naik haji sebelumnya.

“Semoga 2021 jamaah haji kita dari Aceh bisa berangkat dan kita berdoa tidak ada lagi pandemi covid-19,” jelasnya disela-sela Coffe Morning bersama awak media.

Dengan pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2021, dapat mengurangi dari antrian panjang untuk bisa berangkat haji.

“Kalau tidak bisa berangkat ini akan menambah antrian panjang, di tahun 2021,” ungkap mantan Kakankemenag Aceh Selatan ini.

Ia berharap tahun 2021, dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi dan pemerintah pusat bisa memberangkatkan calon jamaah secara normal seperti tahun sebelumnya.

“Di Indonesia biasanya ada kuota 221 ribu yang memberangkatkan calon jamaah haji setiap tahunnya, kuota di Aceh berjumlah 4. 372 orang jamaah,” ungkap mantan Kakankemenag Abdya ini.

Saat ini, lanjutnya, calon jamaah haji Aceh sudah mendaftar sebanyak 125.641 orang.
“Kalau untuk penambahan kuota tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi,” jelasnya, didampingi Kabag TU dan para Kabid.

Selain itu, Iqbal juga berharap kepada masyarakat yang akan berangkat Umrah dapat memilih travel yang sudah memiliki izin dari Kemenag. Apalagi saat ini, kuota Umrah juga dibatasi karena covid-19.

Baca Juga...  Ilham Permana Kukuhkan PD I AMPG Aceh

“Kalau Aceh belum ada jatah untuk berangkat Umrah hanya ada 4 Provinsi. Mana tahu tahun depan Aceh bisa masukdan berangkat Umrah,” jelasnya.

Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Amiruddin, berharap terus menjadi mitra dengan awak media dan dapat mempublikasi dan menginformasikan kepada masyarakat dari kegiatan kemenag.

“Media merupakan mitra kerja kami dan banyak program kerja yang bisa diekpos atau diberitakan,” tutupnya. (rus/min)