Beredar Surat Penunjukan Plh Kades Jontor 1 Desa Dua Orang

Harianrakyataceh.com – Beredar surat Camat Penanggalan di jejaring media sosial terkait penunjukan Pelaksana harian (Plh) Kepala Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan.

Surat tersebut dibagikan oleh salah seorang pemilik akun Facebook atas nama Nasrul Padang. Dalam postingan tersebut, Nasrul Padang mempertanyakan dua surat yang dikeluarkan Camat Penanggalan di tanggal yang sama yaitu 21 Desember 2020, surat perintah pelaksana harian Kepala Desa Jontor. Anehnya, dua surat tersebut sama-sama surat perintah penunjukan Pelaksana harian di cesa yang sama tapi nama berbeda.

Bakune mo ibetoh ke sibagen i,, enggo 4 Ari kosong,, sikan lot dabbel nola (Bagaimana sepengetahuan seperti ini,, sudah 4 hari kosong,, tiba-tiba ada dabel ” isi postingan yang di tulis Nasrul Padang sambil melampirkan foto dua surat perintah Penunjukkan Pelaksana harian Kepala Kampong Jontor.

Satu surat perintah penunjukan Pelaksana harian Kepala Desa Jontor ditunjuk atas nama Asri Tinambunan dengan nomor surat 141/1114/75.300.2/2020. Sedangkan satu surat lainnya menunjukkan Syahrial Munte, SE yang bekerja di Kantor Camat Penanggalan dengan nomor surat 141/1104/75.300.2/2020.

“Menunggu surat penetapan Walikota Subulussalam untuk Pj Kepala Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan dengan surat usulan surat camat penanggalan nomor 141/1046/75.300.2/2020, menunjuk Asri Tinambunan, terhitung 19 Desember 2020 di samping jabatan sebagai pelaksana Dinas Pertanian juga melaksanakan tugas sebagai pelaksana harian Kepala Kampong Jontor” ini petikan surat tersebut yang ditandatangani Camat Penanggalan, Baginda Maju, SE.

Hal serupa juga di dalam surat penunjukan Syahrial Munte, SE yang ditunjuk sebagai Plh Kepala Kampong Jontor.

Postingan tersebut pun banyak mendapat komentar dan sindiran. Terhitung 15 jam postingan tersebut mendapat 133 komentar. Pemilik akun Facebook Nasrul Padang saat dikonfirmasi juga mengaku mendapat kiriman sesama temannya. Nasrul pun mempertanyakan apakah kedua surat tersebut asli atau tidak.

Sementara, Camat Penanggalan, Baginda Maju, SE saat dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (23/12) mengaku ada kesilapan pihaknya terkait kedua surat tersebut.

Menurut Baginda, saat ini Plh Kepala Kampong Jontor adalah Asri Tinambunan. Terkait surat perintah penunjukkan terhadap Syahrial Munte, SE, Baginda mengaku saat surat dikeluarkan menunjuk Syahrial Munte menjadi Plh, yang bersangkutan menolak karena kesibukan tugas di kantor. Namun, surat penunjukan sudah terlanjur dikirim ke Syahrial Munte dan lupa untuk mencabutnya.

“Sehingga karena ada kesilapan, lupa mencabut surat atas nama Syahrial Munte ” kata Baginda (lim)