Pengamat Pendidikan ; Dampak Webinar sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

BIREUEN (RA) – Pandemi Covid-19 masih menjadi problema serius yang menghantui setiap lini kehidupan masyarakat, khususnya yang begitu berdampak adalah dunia pendidikan. Banyak kalangan mencari inovasi terbaru untuk metode pembelajaran yang efektif mengisi ruang kosong efek negatif di masa pandemi Covid-19.

Pengamat Pendidikan yang juga seorang Dosen muda asal Bireuen, Rahmat Asri Sufa menilai pandemi Covid-19 bukanlah permasalahan yang mematikan kreatifitas para pemuda pencinta ilmu. Covid-19 dapat menjadi motivasi terbaru bagi generasi muda agar lebih peka membuka wawasan untuk terus belajar.

“Seharusnya generasi muda dapat memanfaatkan fasilitas yang sangat memadai, seperti memanfaatkan teknologi informasi agar kreatifitas pemuda tidak pasif, sehingga pemuda tetap produktif,” ujar Rahmat Asri Sufa kepada Rakyat Aceh, Kamis (24/12).

Menurut Rahmat, webinar atau seminar online adalah salah satu solusi terbaik agar mindset pemuda tetap terasah.

Pandemi menjadi tantangan dalam mengembangkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi, bukan hanya transmisi pengetahuan, tapi juga bagaimana memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik, dan webinar merupakan salah satu kegiatan yang efektif dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran di dunia pendidikan.

“Khususnya Pendidikan di Bireuen, ini menjadi cambuk kepada pemangku kebijakan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis P & K) Bireuen diminta agar lebih peka terhadap ide terbaru modernisasi pendidikan di era covid-19,” katanya.

Rahmat menyebutkan, dengan banyaknya webinar atau seminar online, seharusnya Kadis P dan K memberikan apresiasi kepada para penyelenggara untuk mendorong mereka lebih kreatif dalam mengembangkan ide dan gagasan demi kemajuan dunia pendidikan, atau Dinas terkait diminta agar mengadakan webinar khusus untuk membahas perkembangan pendidikan di masa pandemi Covid-19. (akh)