Polres Aceh Besar Lakukan Rapid Tes Bagi Pelanggar Prokes

Harianrakyataceh.com – Polres Aceh Besar bersama tim gabungan TNI dari jajaran Kodim 0101 BS dan Satpol PP Kabupaten Aceh Besar kembali melakukan razia masker dan Rapid Tes bagi masyarakat yang tidak patuh atau melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) khususnya tidak memakai masker di jalan Banda Aceh – Meulaboh kawasan Lhoknga Aceh Besar Kamis (24/12).

Razia masker dalam rangka Operasi Yustisi untuk mengingatkan dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan dan anjuran pemerintah lainnya untuk mencegah penyebaran covid 19. Dengan melibatkan 140 personil, dari Polres Aceh Besar, Polsek Lhoknga, Koramil Lhoknga dan anggota Satpol PP Kabupaten Aceh Besar.

Sebanyak 62 pelanggar Prokes dilakukan Rapid Tes oleh Paurkes dan Baur kes Bag Sumda Polres Aceh Besar selaku Kasatgas Penanganan Pos aman Nusa II. Dan semua hasil tes menunjukkan non reaktif. Usai dilakukan teguran lisan dan dibagikan masker, para pelanggar dibolehkan melanjutkan perjalanannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Aceh Besar, Kasat Sabhara, Kasat Intelkam, Kapolsek Kecamatan Lhoknga, Leupung, Lhong dan Pulo Aceh, KBO Sat Lantas, Ka Subbag Sarpras, Ka Subbag Pers, Kanit Turjawali Sat Sabhara Polres Aceh Besar serta Kabid Trantib Satpol PP dan WH Aceh Besar.

Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan SIK MH melalui Kabag Ops Kompol Yusuf Hariadi SH MSi, dalam arahannya saat apel gabungan menyampaikan pelaksanaan razia masker harus mengedepankan sikap humanis dan sopan.

“Dalam pelaksanaan razia ini, personil harus mengedepankan sikap yang humanis, berikan teguran dengan sopan dan laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kabag Ops juga mengajak seluruh personil yang terlibat untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan sepenuh hati. Dan menurutnya, operasi ini juga masih mengedepankan sosialisasi dan himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk patuh dengan Prokes dan anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran covid di Aceh Besar.

“Personil gabungan melakukan himbauan kepada warga untuk selalu mengindahkan aturan yang disampaikan oleh pemerintah untuk mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” pungkas Kompol Yusuf Hariadi. (tar)