harianrakyataceh.com – Kepengurusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Banda Aceh periode 2015 – 2020 akan berakhir pada 28 Desember 2020.

Untuk memilih pengurus baru, partai dengan tagline ‘Bersama Melayani Rakyat’ ini akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) pada Senin (28/12/2020).

Namun, menurut keterangan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Banda Aceh, Iwan Sulaiman, Musda kali ini tidak seperti periode lalu.

“Kali ini agak sederhana karena berlangsung saat Covid, ada keterbatasan ruang dan gerak, maka Musda akan dilaksanakan secara virtual,” kata Iwan Sulaiman didampingi sejumlah pengurus saat media gathering di Grand Arabia Hotel, Kamis (24/12/2020).

Iwan Sulaiman menyampaikan, Musda kali ini akan berlangsung secara virtual pada 28 Desember 2020.

Terkait siapa sosok yang akan memimpin PKS Banda Aceh ke depan, Iwan menyampaikan jika di tingkat kader dan stuktur memang sudah dibicarakan. Namun semuanya berpulang kepada DPP.

Sejauh ini ada belasan nama yang memiliki peluang yang sama untuk memimpin PKS Banda Aceh periode lima tahun mendatang. Kandidat tersebut termasuk para pengurus periode sekarang, diantaranya Iwan Sulaiman ketua DPD. Farid Nyak Umar, Ketua MPD yang juga ketua DPRK Banda Aceh.

Kemudian ada nama Surya Mutiara, wakil ketua MPD yang juga mantan anggota DPRK Banda Aceh. Nama Irwanyah Syafari yang juga sekretaris DPD PKS Banda Aceh juga muncul sebagai salah satu kandidat kuat.

Berikutnya ada nama Ketua Bidang Kaderisasi, Zulfikar Abdullah, mantan Plt ketua DPD PKS Banda Aceh ini juga mencuat sebagai calon ketua. Nama lainnya yang mencuat adalah Jufri, saat ini menjabat sebagai bendahara DPD, kemudian Arida Saputra, Tati Mutia, Sri Wahyuni, Yessi dan Tuanku Muhammad.

Nama – nama pengurus DPW PKS Aceh juga muncul, seperti Saifunsyah, Munardi dan Norman Hidayat.

Lebih lanjut Iwan menyampaikan, kegiatan Muswil dan Musda akan dilaksanakan pada hari yang sama secara nasional. Sesuai intruksi presiden Nomor 02/D/INP/DPP-PKS/2020 Tentang Penyelenggaraan Musyawarah Wilayah dan Daerah Partai Keadilan Sejahtera.

Menariknya kali ini, Muswil dan Musda seluruh Indonesia bisa dijalankan dalam dua hari, 27 dan 28 Desember 2020.

Iwan juga turut menyampaikan capaian kepengurusan lima tahun PKS Banda Aceh, yaitu mendapatkan amanah kursi penuh di DPRK Banda Aceh. Bahkan PKS juga mendapat ‘jatah’ Ketua DPRK Banda Aceh.

Dengan capaian tersebut, maka pada pilkada kedepan, PKS sudah bisa mencalonkan sendiri.

” ini peluang besar bagi PKS dengan tagline baru bersama melayani rakyat. Kedepan, kita harapkan agar PKS bisa lebih inten lagi untuk membantu rakyat.” Ujarnya.

Sementara itu, Irwansyah menambahkan jika pada pemilu legislatif lalu, PKS Kota Banda Aceh meraih suara terbanyak dan berhak atas lima kursi dari empat Daerah Pemilihan (Dapil).

Disebutkan, Perolehan suara PKS pada Pemilu 2019 mencapai 18 ribu lebih. Meningkat signifikan bila dibandingkan dengan perolehan suara Pemilu 2014. (ra)