Kader KNPI Gandapura Gelar Aksi Sosial Donor Darah

BIREUEN (RA) – Kader baru Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK-KNPI) Gandapura menggelar kegiatan aksi sosial donor darah di Alun-alun Keude Guruegok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Kamis (31/12).

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Ahmad Syamaray, di sela-sela kegiatan kepada Rakyat Aceh mengatakan, aksi sosial ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh PK KNPI Gandapura selama 3 bulan sekali dan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial dari pemuda gandapura dalam membantu masyarakat.

Pengurus PK KNPI Gandapura, sebut Syamaray, mempercayakan kegiatan donor darah ini dilaksanakan oleh kader baru. Sehingga, menjadi ilmu tambahan bagi kami para kader dalam memposisikan diri berguna bagi masyarakat.

“Terimakasih untuk semua teman-teman kader KNPI Gandapura, masyarakat, UTD dr Fauziah Bireuen dan Muspika yang telah membantu panitia dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan bisa menjadi amal jariah dan bisa menambah pahala,” ujar Syamaray.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris panitia Nurjumalia mengatakan, kegiatan donor darah kali ini mengangkat tema, “Setetes Darah Anda Selamatkan Jutaan Jiwa”. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah Bireuen, mengingat stok darah masa pandemi menipis.

Disebutkan, stok darah yang terkumpul di kegiatan tersebut sebanyak 42 kantong. Pendonor ada dari kalangan mahasiswa, masyarakat Gandapura, dan ikut serta TNI/Polri.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, semoga bisa berguna untuk meningkatkan kesehatan bagi pendonor sendiri juga bisa berdampak positif bagi seluruh masyarakat,” ujar Juliya.

Sementara itu, Kepala UPTD RSUD dr Fauziah, Wardati menyebutkan, mereka sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PK KNPI Gandapura ini. Jika ada instansi, Ormas dan OKP yang berinisiatif melakukan aksi donor darah, pihaknya siap melakukan tugas kemanusiaan.

Kondisi ketersediaan stok darah di Unit Transfurtasi Darah RSUD dr Fauziah Bireuen saat ini, kata wardati, sudah mulai stabil. Mengingat, sudah ada beberapa instansi, Ormas dan OKP di Bireuen yang menggelar aksi donor darah.

“Hingga saat ini aman-aman saja, hanya golongan darah A yang kurang stok, dan sering sekali golongan darah tersebut mengalami krisis ketersediaan di rumah sakit,” ujar Wardati. (akh)