RUMAN Aceh Menerima Hadiah Buku dari 3 Akademisi Aceh

Pendiri RUMAN Aceh, Ahmad Arif, menerima hadiah buku dari Dr. Nurkhalis Mukhtar LC., MA., pada Senin (28/12/2020) malam di Banda Aceh.

Banda Aceh – Lembaga pendidikan dan pusat kegaitan belajar masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menerima hadiah buku dari 3 akademisi dari 3 kampus di Aceh yang berasal dari disertasi mereka.

Hal tersebut diungkapkan Pendiri RUMAN Aceh, Ahmad Arif di sekretariatnya yang berada di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh pada Rabu (30/12/2020) siang.

“Kita menerima 3 buku yang diangkat dari hasil kajian disertasi penulisnya masing-masing di 3 kampus bergengsi di dalam dan luar negeri. Hal ini semakin menambah koleksi pada pojok disertasi di pustaka RUMAN Aceh”, ungkap Arif.

Tiga buku tersebut, imbuh Arif selanjutnya diterima dalam waktu berdekatan. Pertama, Senin (28/12/2020) malam, Ruman Aceh menerima buku dari Dr. Nurkhalis Muchtar, LC., MA., Ketua STAI Al Washliyah Banda Aceh.

Bukunya berjudul “Fatwa Moderat, Upaya Membumikan Fatwa dalam Islam”, adalah terjemahan dari disertasi Dr. Nurkhalis pada Universitas Bakht Al-Ruda Sudan beberapa tahun lalu yang diterbitkan tahun 2019.

Sedangkan buku kedua, diterima dari Dr. Al Husaini M Duad, MA., akademisi IAIN Malikussaleh Lhokseumawe pada Minggu (27/12/2020) malam di salah satu hotel di Banda Aceh.
Buku berjudul “Generologi Pemikiran Pendidikan Timur Tengah di Aceh, Perspektif Sejarah Pemikiran Abu Teupin Raya” merupakan disertasinya pada program studi agama & lintas budaya minat kajian timur tengah Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta tahun 2016 yang diterbitakan September 2020.

Sedangkan buku ketiga, “Desentralisasi Asimeteris Aceh” adalah disertasi Dr. Amrizal J Prang, S.H., LL.M., di Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2016 yang diterbitkan Bandar Publishing (BP) tahun 2020. Buku ini dihadiahkan Dr. Muhkhlisuddin Ilyas, Direktur BP pada saat diskusi buku tersebut Selasa (22/12/2020) malam lalu.

“Kita merasa sangat bahagia dan terhormat atas hadiah buku-buku yang sangat bernas dari para akademisi yang berkelas dan berintegritas. Buku-buku tersebut bisa dipinjam secara gratis di basecamp kita”, imbuh Arif tersenyum.

Sebagai informasi, mulai Januari 2021 nanti, TBM (taman bacaan masyarakat) RUMAN Aceh akan kembali menggelar MIBARA (minggu baca rame-rame) di lapangan Blang Padang, Banda Aceh dengan mematuhi protocol kesehatan. MIBARA ditiadakan sejak wabah COVID-19 melanda Aceh pada Maret 2020 lalu.