Kalender 2021 Persis Tahun 1971, Muhammadiyah Aceh Nilai Bermain Angka

harianrakyataceh-com – Dalam kalender Masehi tahun 2021, hari dan tanggalnya sama persis dengan tahun 1971. Sehingga bila dihitung jaraknya 50 tahun.

Atas persamaan tersebut, banyak masyarakat yang bertanya tanya dan memposting isi kalender.

Untuk itu, wartawan Rakyat Aceh, mencoba menghubungi Wakil Ketua Tarjih dan Tajdid PW Muhammadiyah Aceh, Dr Ali Abubakar, MA, Minggu (3/1/2021).

Dr Ali Abubakar mengungkapkan, dengan jarak 50 tahun bisa saja terjadi persamaan isi kalender masehi hari maupun tanggalnya.

“Sekarang ini kan mulai bermain angka bisa saja ini terjadi,” jelas Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Diakuinya, sudah melihat dan ingin membuktikan salah satunya pada tanggal 26 Mei tahun 2021 dengan tahun 1971 ternyata juga sama harinya.

“Karena ini kalender global yang kita pakai beda dengan kalender hijrah,” ungkapnya.

Dikatakan, kalender Masehi biasa digunakan bagi pemerintahan maupun organisasi sebagai kalender global.

“Kalau kalender hijrah pada awal bulan atau qamariah melihat ufuk bulan maupun tinggi bulan,” jelasnya lagi.

Katanya, Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab untuk bulan ramadan, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Sementara untuk waktu salat teknis perhitungan matahari.

Jadi lanjutnya, bisa saja terjadi dalam waktu yang lama. Begitu juga dengan kalender hijrah.

Lanjutnya, dalam hitungan kalender Masehi setiap tahun sebanyak 365 hari. Sedangkan dalam kalender Hijrah dalam satu tahun sebanyak 354 hari. Hitungan kalender hijrah lebih cepat 11 hari dalam setahun.

“Dalam seminggu sama 7 hari,” sambungnya.

Ia berharap, tidak melihat apa yang terjadi pada tahun tahun 1971 dan itu berulangdi tahun 2021, karena tidak ada yang lebih tahu.

Menurutnya, semua manusia berasal dari nol dan kembalike nol. Berasal dari tanah dan kembali ke tanah.

“Sikluskehidupan kita terus berulang sama dari nol. Untuk itu jangan lalai siapkan diri sebelum menghadapi semuanya berakhir,” harapnya.

Lanjutnya, ternyata selama 50 tahun akan berulang lagi hal yang sama, misalnya 1 Januari 1972 – 1 Januari 2022, contoh lain, 1 Januari 1991- 1 Januari 1941. Artinya, kalender Masehi akan sama setiap 50 tahun. (rus)