Dua Cawabup Lolos Ikuti Tes Baca Alquran, Yusrol Hana Raih Nilai Tertinggi

Ketua tim uji baca Alquran, Abdurrahman Lamno, menyerahkan hasil uji baca Alquran kepada Ketua Panitia Pemilihan (panlih) DPRK Bener Meriah, Darwinsyah, di ruang sidang DPRK Bener Meriah, Selasa (05/01). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Setelah mengikuti seleksi uji baca Alquran di ruang sidang DPRK Bener Meriah, Selasa (05/01), dua calon Wakil Bupati (cawabup) Bener Meriah sisa masa jabatan 2017-2022 dinyatakan lulus.

Kedua calon yang ikut bersaing tersebut yakni, Yusrol Hana dan Dailami yang diajukan oleh partai pengusung oleh PDA, PKS, PKB dan Partai Golkar.

Untuk cawabup, Yusrol Hana mendapatkan nilai tertinggi mencapai 87 poin dengan rincian makhraj huruf nilainya 35, ketepatan baris 35 dan adab 17, sementara cawabup Dailami mendapatkan nilai 60 poin dengan rincian kategori makhraj huruf nilainya 22, ketepatan baris 22 dan adab 17.

Ketua tim uji baca Alquran, Abdurrahman Lamno menyampaikan, meski nilai tersebut berbeda, kedua calon tersebut dinyatakan lulus pada tahap uji tes baca Alquran lantaran nilai yang dibutuhkan minimal 50 poin.

Ketua panitia pemilihan (panlih) DPRK Bener Meriah, Darwinsyah mengatakan, setelah kegiatan uji tes baca Alquran tersebut selanjutnya pihak akan menggelar pembacaan visi dan misi masing-masing calon pada 9 Januari 2020 mendatang.

“Setelah pembacaan visi dan misi nantinya, pada 14 Januari 2020 mendatang kita akan menggelar paripurna pemilihan kepada kedua calon,” sebutnya.

Melalui media ini, Darwin juga berharap, seluruh anggota DPRK agar nantinya dapat memilih sesuai hati nurani masing-masing. “Dalam hal ini, jangan sampai mengedepankan praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme,” ujarnya.

Ia juga berharap dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar dapat mengisi kekosongan wakil bupati nantinya. (uri/bai)