Implementasi Kampus Merdeka, Umuslim Teken MoU dengan Unimal

BIREUEN (RA) – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Malikussaleh (Unimal) dengan mengedepankan penerapan Protokol kesehatan (Prokes).

Penandatanganan tersebut dilakukan Rektor Unimal, Dr. Ir. H. Herman Fithra, ST., MT., IPM., ASEAN.Eng dan Rektor Umuslim, Dr. Marwan Hamid, MPd di Kampus Bukit Indah Lhokseumawe, Kamis (7/1).

Rektor Unimal Dr. Ir. H. Herman Fithra, ST., MT., IPM., ASEAN.Eng mengucapkan terimakasih, pihaknya sangat menghargai atas kehadiran Umuslim memilih kampus yang dipimpinnya sebagai mitra kerjasama dalam upaya mendukung program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Pihaknya siap bekerja sama dengan Universitas Almuslim dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kewirausahaan, serta bidang-bidang lainnya, bahkan juga siap menerima mahasiswa Umuslim untuk belajar di Unimal selama beberapa semester demi mendukung program merdeka belajar.

Sementara itu, Rektor Universitas Almuslim dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan harapan agar Universitas Malikussaleh bisa menjadi perguruan tinggi asuh untuk Umuslim, karena Unimal memiliki SDM dan fasilitas untuk membangun sinergitas.

Menurut Marwan, selain Unimal, baru-baru ini Umuslim juga sudah MoU dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, sebagai perguruan tinggi asuh bagi Umuslim dan dalam waktu dekat akan dimulai pengiriman mahasiswa Universitas Almuslim untuk belajar di Unsyiah. Hal ini dilakukan untuk menambah sumberdaya bagi Umuslim karena sedang merintis pembukaan program sarjana Kebidanan (S1) dan beberapa program pascasarjana (S2).

“Untuk menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka, Universitas Almuslim bisa bekerja sama dengan Unimal dalam beberapa bidang, seperti kolaborasi pelaksanaan kurikulum merdeka, karena unimal sudah banyak sumberdaya yang mumpuni dan memenuhi persayaratan untuk membimbing Umuslim dalam menyukseskan program Kemendikbud tersebut,” ujar Marwan Hamid.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam satu acara sederhana penuh keakraban. Selain Rektor, turut juga dihadiri  Pembantu Rektor III Unimal, Dr Baidhawi SP MP,  Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr.Ir Azhari, MSc, para dekan antara lain, Dekan Fisip, Dr. M. Nazaruddin, S.S., M.Si, Teknik, Dr. Muhammad, ST., MSc, Pertanian, Dr. Ir. Mawardati, M.Si, dekan fakultas Ekonomi dan bisnis, Dr. Hendra Raza, SE, MSi, Dekan Fakultas Kedokteran, serta Kepala lembaga dalam lingkup Universitas Malikussaleh.

Sedangkan dari pihak Universitas Almuslim, selain dihadiri Rektor Dr. Marwan Hamid, juga hadir Wakil Rektor 3, Dr Ir Saiful Hurri, MSi, Direktur Kebidanan, Nurhidayati, MPh,  Kepala Perpustakaan, Rahmad M.AP, kabag Perencanaan, Dr.Cut Azizah, MT, kabag Keuangan, Nova, SE serta Kepala Humas, Zulkifli M Kom dan Ardiansyah staf Humas.

Usai penandatanganan MoU, dilanjutkan diskusi terbatas yang dipandu Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Unimal membahas beberapa teknis pelaksanaan. Acara diakhiri makan bersama jajaran Rektorat, dosen dan mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan khanduri memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. (akh)