Calon Wabup Bireuen Belum JelasPolitisi PKS Minta Bupati Penuhi Perintah Konstitusi

Politikus Partai PKS Bireuen, Ustadz Syafi'i M. Isa

BIREUEN (RA) – Polemik terkait kekosongan jabatan Wakil Bupati (Wabup) untuk membantu tugas kepala pemerintahan dalam menata pembangunan daerah, menuai komentar dari politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bireuen, Ustadz Syafi’i M. Isa.

Segala proses mekanisme untuk tahapan pencalonan Wakil Bupati belum ada kejelasan. Sehingga, para tokoh politik dan juga publik figur Bireuen mempertanyakan keseriusan Muzakkar dalam mengusung calon pendampingnya untuk memimpin Bireuen sisa masa jabatan 2017-2022.

“Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani butuh Wakil untuk menunjang kinerja pemerintahan, karena tuntutan kerja dan kinerja pelayanan kepada masyarakat itu sangat tinggi dengan wilayah yang sangat luas. Bahkan jadwal resmi dan non resmi kerja pemerintahan juga sangat banyak, maka butuh pendamping yang mendukung kerja pemerintahan,” ujar mantan Ketua PKS Bireuen, Ustadz Syafi’i kepada Rakyat Aceh, Sabtu (9/1) malam.

Menurut pengakuan ustadz Syafi’i, ia selaku pengurus PKS Bireuen dan Ketua periode sebelumnya, secara pribadi sudah pernah menyampaikan kepada Bupati bahwa Bireuen butuh Wakil sebagai pendamping untuk menunjang kinerja pemerintahan. Tentunya tidak membahas kepada siapa sosok calon Wakil, karena itu merupakan wilayah partai pengusung.

“Kehadiran Wakil Bupati itu merupakan perintah konstutisi, ada aturan dan tahapannya. Jadi bicara kekosongan Wabup di Bireuen, tidak boleh menyimpang dari pada perintah konstitusi yang merujuk kepada undang-undang dalam menata dan memelihara pemerintah daerah. Bukan memilih suka atau tidaknya kehadiran Wakil, namun lebih ke arah memenuhi perintah konstitusi,” sebutnya.

Di singgung terkait siapa sosok yang ingin dijagokan untuk menjadi Wakil Bupati Bireuen sisa masa jabatan hingga 2022, Ustadz Syafi’i menyebutkan, pihaknya akan mempertimbangan siapa sosok Wabup yang layak untuk di pilih nantinya di rapat paripurna DPRK.

Baca Juga...  Airlangga Dorong Pengembangan Teknologi Bangun Industri Kesehatan Nasional

“Kalaupun di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen bahwa PKS punya anggota, namun kita juga akan melihat dan memilih siapa yang terbaik dalam kajian-kajian kepartaian dan kemampuan personal yang di ajukan. Insyaallah PKS akan mendukung sosok yang mampu dalam kinerja dan kemampuan,” kata politisi muda ini.

Ia berharap kepada partai pengusung, supaya segera mengambil hak konstitusional yang diberikan oleh undang-undang dalam pencalonan Wakil Bupati definitif.
“Sampai ketemu di paripurna DPR. PKS punya 4 suara untuk mendukung Wakil Bupati terbaik untuk Kabupaten Bireuen,” pungkas Ustadz Syafi’i. (akh/icm)