Wakil Ketua Dewan Pantau Lokasi Longsor di Blang Poroh

SERAHKAN BANTUAN- Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe, Irwan Yusuf didampingi anggota dewan Akmal menyerahkan bantuan kepada korban rumah longsor di Gampong Blang Poro, Kecamatan Muara Dua,kemarin. ARMIADI/RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE(RA) – Sedikitnya, enam unit rumah warga Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, tertimpa musibah longsor pada awal Desember 2020. Kini, kondisinya sangat memprihatinkan karena belum ada langkah nyata dari Pemko Lhokseumawe, untuk melakukan pengerukan tanah longsor yang menimpa rumah warga setempat.

Atas kondisi itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe, Irwan Yusuf

bersama anggota dewan Akmal dari Fraksi Gerindra turun kelokasi rumah longsor di Gampong Blang Poroh, kemarin. Kehadiran wakil rakyat itu didampingi oleh Sekdes Blang Poroh, Jamaluddin, Kepala Dusun B Cot Kuta, M.Jalil dan tokoh masyarakat setempat.

 ” Kami diamanahkan oleh Ketua DPD Gerindra Aceh, TA. Khalid yang juga anggota DPR-RI untuk memantau serta membantu korban longsor di daerah masing-masing, seperti ke Gampong Blang Poroh,” ucap Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe, Irwan Yusuf akrab disapa Geuchik Wan, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ia mengatakan, longsor yang terjadi di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe termasuk yang terparah di tahun 2020. ” Kalau tahun-tahun sebelumnya longsor jarang terjadi di Muara Dua, sepertinya ini ada salah, pemko dan dinas terkait harus segera cari solusi, banyaknya galian C dan curah hujan tinggi menjadi penyebab utama terjadinya longsor,” kata Geuchik Wan didampingi Akmal anggota DPRK Kota Lhokseumawe dari fraksi Gerindra.

Sebutnya, Pemerintah harus melakukan langkah-langkah antisipasi kedepan supaya masyarakat lebih siap dalam menghadapi segala bencana. Termasuk segera menurunkan alat berat untuk memindahkan tanah longsor yang menimpa rumah warga di Gampong Blang Poroh.

” Kita merasa sedih melihat kondisi rumah warga yang tinggal bersama anggota keluarga dalam kondisi longsor,”ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, hasil kunjungan nantinya akan disampaikan ke Pemerintah Kota dan dinas terkait, supaya dicarikan solusi dalam waktu dekat dan tindakan nyata jangka panjang, sehingga tidak terjadi lagi bencana longsor.

Dalam kesempatan itu, Geuchik Wan juga menyerahkan bantuan untuk korban rumah longsor Yusriah (35) di Dusun B Cot Kuta dan Nilawati (50) janda anak tiga di dusun sama.

“Bantuan yang saya serahkan adalah amanah sumbangan dari pak TA Khalid anggota DPR RI , beliau juga ketua DPD Gerindra Aceh. Kunjungan ini juga bagian dari agenda partai untuk menyerap keluhan dan aspirasi masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Gampong Blang Poroh Jamaluddin, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe bersama anggota dewan yang telah berkunjung dan memberikan bantuan untuk warga yang rumahnya tertimpa longsor.

Menurutnya, ada enam kelapa keluarga menjadi korban longsor.

yaitu, rumah Yusriah (35), bagian dinding belakang rumah rusak parah, Murtada (53) rumahnya tertutup longsor dibagian teras, Abdurahman (45) terkena belakang rumah, Nilawati (50) bagian belakan rumah, Darmawati Mahdin (40) dan Dakwiyah (45). (arm/icm)