AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH Guru PJOK MIN 8 Bireuen, Bangkit Budi Iswanjaya menerima piala dan piagam penghargaan setalah memperoleh juara dalam perlombaan vidio pembelajaran tingkat MI se- Bireuen di halaman SMA 2 Bireuen.

BIREUEN (RA) – Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) MIN 8 Bireuen, meraih juara pada perlombaan vidio pembelajaran tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bireuen.

Vidio dengan judul “Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Active Learning dengan Media Poster Comment”, mengantarkan guru kebanggaan MIN 8 Bireuen ini meraih juara II setelah bersaing dengan 165 peserta lainnya.

Perlombaan se-Kabupaten ini dilaksanakan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-75. Guru PJOK MIN 8 Bireuen, Bangkit Budi Iswanjaya kepada Rakyat Aceh mengatakan, penyerahan piala dan piagam penghargaan digelar di lapangan MAN 2 Bireuen pada 05 Januari 2020 lalu.

Budi menyebutkan, aplikasi yang digunakan untuk mengedit vidio pembelajaran tersebut berupa, aplikasi Wondershare Filmora, TinyTake, dan Adobe Photoshop. Sedangkan materi yang diajarkan yaitu senam irama dengan pemilihan senam kreasi Maumere.

“Tujuan pemilihan senam Maumere sebagai materi untuk menanamkan rasa kebhinnekaan kepada anak-anak didik, karena senam ini berasal dari daerah Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, senam kreasi seperti ini sangat cocok diajarkan, dengan alasan iramanya bernada riang, musiknya terdengar meriah, gerakan senamnya juga membangkitkan semangat dan menggambarkan kegembiraan,” ujar Bapak Bangkit yang juga sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Dokumentasi MIN 8 Bireuen, Rabu (13/1).

Pemilihan strategi pembelajaran ini, sebutnya, diharapkan agar peserta didik mampu menggali informasi terkait poster yang telah dipersiapkan, baik itu gerakan yang benar, posisi badan yang benar dan gerakan lainnya.

Menurut pengakuannya, ia juga telah membuat beberapa vidio pendek terkait kegiatan yang dilaksanakan MIN 8 Bireuen di akun youtubenya. Kemudian dalam waktu dekat, guru olahraga ini akan membuat profil sekolah MIN 8 Bireuen dalam bentuk vidio pendek.
Sementara Kepala Sekolah MIN 8 Bireuen, Drs Yusri, MA mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bangkit Budi Iswanjaya atas capaian yang di raihnya.

“Ucapan terimakasih kepada para guru yang sudah mengharumkan nama baik sekolah MIN 8 Bireuen di kancah kabupaten. Semoga prestasi-prestasi gemilang yang telah di dapatkan, dapat pula dipertahankan,” harapnya. (akh/icm)