Ivsat Buat Jamban Bantu Lansia Miskin

Komunitas Ivsat foto bersama saat serah terima pembuatan jamban di rumah Kek Gumun (69) di Kampung Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Minggu (10/1). IST/RAKYAT ACEH

KUALA SIMPANG (RA) – Komunitas Investasi Silaturahmi Aceh Tamiang (Ivsat) kembali membantu warga lanjut usia (lansia) miskin, dengan membangunkan jamban (wc) di rumahnya.

“Kali ini lansia yang berhak menerima bantuan sosial ke 11 dari program kami “Social Project Youth Camp January 2021” adalah Kek Gumun (69) warga Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang,” kata Humas Ivsat, Muliadi di Karang Baru.

Katanya, kegiatan ini adalah agenda bulanan Ivsat yang sasarannya itu orang lansia. Setelah melakukan survey lokasi pada pertengahan Desember 2020, tim Ivsat mendapatkan rumah tujuan target kegiatan, yaitu untuk membangun jamban sederhana di kediaman Kek Gumun.

“Pada saat survey kita sangat prihatin karena untuk buang hajat/air besar Kakek Gumun dan istrinya terpaksa harus pergi ke parit di belakang rumahnya yang jaraknya sekitar 500 meter,” ungkap Muliadi.

Ketua Ivsat, Surya Darma menambahkan, proses pembuatan jamban memakan waktu dua hari, Sabtu dan Minggu. Tim Ivsat tidak menggunakan jasa tukang bangunan, karena dalam komunitas mereka banyak yang ahli di bidang konstruksi.

“Dari kegiatan Ivsat pertama hingga ke 11 kami fokus di konstruksi, lebih identik dengan pembuatan jamban dan renovasi rumah. Tapi ada juga kegiatan bagi-bagi sembako membantu perekonomi warga yang rentan di masa pandemi,” ujar Surya Darma.

Sekdes Bandung Jaya, Aman Syawal sangat berterimakasih dengan kegiatan Ivsat membangunkan jamban untuk warganya yang memang membutuhkan. “Saya berharap ada komunitas-komunitas yang lain mencontoh kegiatan sosial yang dilakukan Ivsat ini,” katanya. (mag-86/bai)