Tripe Jaya – Blangkejeren Kembali Lumpuh

Kondisi jalan utama Tripejaya ke pusat pasar Blangkejen tertimbun longsor hingga menyulitkan warga melintas, Rabu (13/1). (bambang yudi/rakyat aceh)

GAYO LUES (RA) – Jalan utama Kecamatan Tripe Jaya menuju Pusat Kota Blangkejeren, Rabu (13/1), kembali lumpuh. Jalan utama penghubung antar Kota kecamatan ini lumpuh akibat tebing jalan longsor.

Warga Tripe Jaya, Ahmad (45), menyebutkan longsor terjadi pada Rabu dini hari. Sore sebelumnya hujan lebat di sekitar daerah tersebut.

“Hujan mengakibatkan tebing di tiga titik ruas jalan tersebut amblas. Kini ruas jalan Tripejaya tertutup total. Dampaknya aktifitas masyarakat terganggu,” tukas Ahmad.
Kini masyarakat harus memafaatkan jalan akternatif yang kondisinya juga tidak baik, karena belum semua ruas jalan beraspal. Jalan masih berdasarkan pengerasan batu kerikil kondisinya sudah mulai hancur.

Jalan berlubang dan licin dengan medan pegunungan mengakibatkan sulit untuk dilalui. Mobil dengan angkutan berat seperti truk akan kesulitan mengangkut hasil bumi.
“Kami berharap pihak terkait agar putusnya jalan pada ruas Tripe Jaya ke Blangkejeren segera diperbaiki. Ini supaya transfortasi dari Tripe ke pusat pasar di Blangkejeren bisa lancar kembali,” harapnya.

Terkait tertutupnya jalan akibat longsor, Kabid Bina Marga Dinas PU Gayo Lues, Muhammad Amin, menyebutkan pihaknya akan segere mengirim alat berat ke ruas jalan Blangkejeren-Tripejaya, untuk memberaihkan longsor. Namun pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut, karena ruas jalan tersebut masih dalam masa pemeliharaan pihak ketiga.

Selain Itu ruas jalan Blangkejeren menuju ke Kecamatan Tripe Jaya memang sangat rawan longsor, apalagi di musim hujan. “Dalam pembersihan, kita juga harus lebih berhati-hati,” terangnya lagi.

Menurut Amin dari kabar di Tripe Jaya, saat ini ruas jalan sudah bisa dilalui kendati belum maksimal. (yud/min)