BLANGPIDIE (RA) – Jajaran Satresnarkoba Polres Abdya berhasil meringkus seorang oknum Keuchik di Kabupaten setempat yang diduga menggunakan narkotika jenis ganja kering.

Diketahui, tersangka MA (43) yang merupakan Keuchik Gampong Tokoh I, Kecamatan Manggeng, memiliki ganja kering seberat 8.80 gram.

Kasat Narkoba Iptu Mahdian Siregar, Kamis (14/1) mengatakan, penangkapan MA pada Rabu malam sekira pukul 1.00 WIB dini hari yang berlangsung di kediamannya.

“Awalnya kita menerima informasi dari masyarakat, begitu kita terima laporan, kita langsung menuju kerumah pelaku, dan MA berhasil diamankan oleh tim dirumahnya sekitar pukul 1.00 Wib dini hari,” katanya.

Mahdian menceritakan, pada saat polisi tiba dirumahnya, pelaku sedang duduk didepan rumah dan langsung menghampiri pelaku. Kemudian saat itu juga dilakukan penggeledahan badan terhadap pelaku dan isi rumahnya.

“Dari hasil penyelidikan, kita berhasil menemukan daun ganja kering seberat 8.80 gram yang dibungkus dengan kertas bungkus nasi yang disimpan dalam tempat sampah didalam rumah,” sebutnya.

Mahdian menyebutkan, untuk sementara ini, status tersangka merupakan pemakai.
“Sepertinya pemakai, tapi kita terus melakukan penyelidikan dan manggali dari mana sumber daun ganja itu di dapatkan,” ujarnya.

Hingga kini pelaku sudah diamankan di Mapolres Abdya guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. “Tersangka sudah kita amankan untuk proses penyidikan lebih lanjut, juga melengkapi berkas untuk segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Abdya,” paparnya.

Atas perbuatan pelaku tersebut, MA dijerat Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 114 Ayat (1) Jo pasal 127 ayat (1) huruf a dari UU No.35 tahun 2009 ttg narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun. (mar/rus).