Kasus Covid-19 Bertambah Lagi 18 Orang, Enam Warga Banda Aceh

Harianrakyataceh.com –  Kasus baru terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi sebanyak 18 orang di Aceh. Sementara penderita yang sembuh dari perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri hanya bertambah satu orang, dan tidak ada korban virus corona yang dilaporkan meningal dunia. 

Informasi rutin perkembangan penanganan pandemi tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Minggu (17/1).

“Warga Kota Banda Aceh masih mendominasi kasus-kasus baru Covid-19 di Aceh. Kemarin 10 orang dan hari ini bertambah lagi enam kasus baru,” ujar pria yang akrab disapa SAG itu.

Ia menjleaskan, selain warga Kota Banda Aceh sebanyak enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, ada warga Kabupaten Bireuen sebanyak tiga orang, warga Pidie dan Aceh Tamiang sama-sama dua orang. Sedangkan lima orang lainnya masing-masing satu orang warga Aceh Singkil, Aceh Selatan, Nagan Raya, Bener Meriah, dan Lhokseumawe.

Selanjutnya ia melaporkan, satu orang penderita Covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh merupakan warga Kabupaten Aceh Tamiang.

SAG kembali mengingatkan, setiap ditemukan satu kasus baru yang terkonfirmasi positif  Covid-19 diperkirakan ada 30 orang kontak eratnya yang berpeluang terinfeksi. Karena itu, lanjutnya, apabila merasa pernah berinteraksi secara dekat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, segera melapor kepada petugas kesehatan setempat ,untuk mendapat penanganan lebih cepat.

“Jangan menunggu ditemukan oleh petugas yang melakukan tracing. Semakin lama ditemukan semakin menyebar virus corona dan bahkan dapat mengakibatkan kematian,” tutur SAG.

Kasus Kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Pemerintah Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulasi kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 9.053 orang. Penderita yang dirawat saat ini 982 orang, sudah sembuh sebanyak 7.700 orang, dan 371 orang meninggal dunia. “Alhamdulillah, tidak ada laporan korban meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” tambah SAG.

Lebih lanjut, Jubir SAG mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 648 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 24 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 565 sudah selesai isolasi, dan 59 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.239 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.043 orang sudah selesai masa isolasi, 118 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 78 orang isolasi di rumah sakit.[ra]