Longsor Gunung Salak Aceh Utara

Longsor di kawasan jalan KKA-Bener Meriah persisnya di Km 30 gunung Salak, Gampong Alue Dua, Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu 16/1). IDRIS BENDUNG-RAKYAT ACEH

NISAM ANTARA (RA) – Hujan deras mengguyur kawasan wisata alam lintasan KKA-Bener Meriah, menyebabkan tebing di Gunung Salak kembali longsor, Sabtu (16/1).

Jalan negara yang lebar hanya sekitar 4 meter kini tinggal dua meter saja. Selebihnya telah tertimbun batu dan tanah liat akibat tergerus air.

Bagi masyarakat hendak menikmati libur akhir pekan atau melakukan perjalanan ke Bener Meriah maupun ke dataran tinggi Gayo, Takengon, untuk ekstra hati-hati. Terutama pengguna sepeda motor karena jalan sangat licin. Hingga, Sabtu malam hujan masih turun begitu juga kabut.

Sebab, tebing sebelah barat sudah semakin kritis. Untuk itu, selalu waspada dengan jatuhnya batu atau krikil saat melintas di km 30-31. “Tadi malam hujan deras. Longsor bukit sebelah barat memenuhi badan jalan. Kami sudah membersihkan sebagian agar bisa kenderaan melewati,” kata Amat dan Rizal.

Hanya saja jalan sudah bisa dilalui setelah pemuda setempat melakukan pembersihan tanah dan batu yang menutupi jalan. Namun, bila kabut tebal sekali lagi mohon hati-hati. (ung/min)