Wakil Bupati Kembangkan Kompor Bahan Bakar Air untuk Kukus Serai Wangi

Rakyat Aceh

Harianrakyataceh.com – Meringankan beban operasional petani Serai Wangi, Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani kembangkan kompor berbahan bakar air dan oli bekas. Inovasi kompor ini diperkirakan dapat menghemat bahan bakar yang selama ini menggunakan kayu.

Pada uji coba kompor berenergi air, Said Sani menyebutkan kompor dioperasikan dengan memanfaatkan dorongan uap air berbahan bakar oli bekas. “Dalam satu liter oli bekas dapat menyelesaikan satu kali kukusan dengan hasil 8 ons sampai satu kilo,” ujarnya.

Rencananya kompor ini akan dikembangkan untuk membantu petani nilam. Saat ini baru delapan kompor yang dibuat sebagai contoh. Bila memang betul-betul efektif dari kompor konvensional, akan dijadikan sebagai contoh bagi petani Serai Wangi yang ingin menggunakan.

Selama ini petani di Gayo Lues masih menggunakan bahan bakar kayu dalam memproses Serai Wangi menjadi minyak. Bila masyarakat bisa menggunakan bahan bakar alternative lain seperti yang sedang dipakai ini, bisa menghemat bahan bakar kayu dan mengurangi penebangan hutan pinus sebagai bahan bakar. (yud/rif)