Dihantam Longsor, Lima Ruang Belajar Pesantren Ruhul A’zham Jebol

Harianrakyataceh.com – Dihantam tanah longsor, lima ruang belajar milik Pesantren Ruhul A’zham Jebol. Pristiwa terjadi sejak musim hujan di awal Desember 2020.

Dampaknya, empat ruang belajar terpaksa dibongkar karena posisi sudah miring. Hal tersbut disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Ruhul A’zham Tgk. Julianto Pane pada Selasa (19/1).

“Kami terpaksa bongkar ruang kelas belajar karena kondisinya semakin miring. Akibat tekanan tanah longsor yang berasal dari tebing di belakang sekolah. Gedung tidak dapat digunakan lagi dan dikhawatirkan akan makan korban jiwa,” terang Ustad Pane.

Ustad Pane mengatakan, pada saat kejadian tidak ada korban jiwa, saat itu anak sekolah sedang libur sekolah, selain itu longsor datangnya tidak sekaligus tetapi bertahap dan sangat sulit untuk dibersihkan karena tempat kejadian berada di belakang sekolah.

Menurutnya untuk pembangunan kembali belum ada rencana. Tetapi akan dibangun dahulu tanggul pengaman seperti turap, mengingat tidak adanya dana untuk pembangunan ulang.

Satu gedung masih dapat digunakan, hanya bagian bawah saja yang mengalami kerusakan. Bagian atas masih dapat digunakan.

Usai melakukan peninjauan, Kabid Rehab Rekon pada Badan Penanggulangan Bencana daerah, Saleh menyebutkan sudah melakukan kajian terhadap terjadinya tanah longsor.

“Penanganan yang paling efektif sementara akan dilakukan pembuatan talut atau turap sebagai penahan longsor,” tambahnya. (yud/rif)