Tertunda Setahun Lebih, Akhirnya Suhaimi Hamid Resmi Jabat Wakil Ketua DPRK Bireuen

Harianrakyataceh.com – Politisi Partai Nanggroe Aceh (PNA), Suhaimi Hamid, S.Sos, resmi menjabat sebagai Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen.

Ia dinyatakan sah memegang mandat sebagai Wakil Ketua setelah dilantik dan dikukuhkan di ruang sidang paripurna Kantor Setempat, Senin (18/1).

Pelantikan sempat tertunda setahun lebih akibat dualisme kepengurusan Partai Nanggroe Aceh (PNA), antara kubu pimpinan Irwandi Yusuf dan Samsul Bahri Ben Amiren alias Tiyong.

Namun, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah resmi mengeluarkan Surat keputusan (SK) dengan Nomor surat 171.11/1709/2020 tertanggal 30 Desember 2020 tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua II DPRK Bireuen Suhaimi Hamid S. Sos, ditindaklanjuti Lembaga Legislatif Bireuen.

Dua rekan Suhaimi Hamid (panggilan akrab Abu Suhai), yaitu Rusyidi Mukhtar dari Partai Aceh (PA) dan Syauqi Futaqi, S.Fil.I dari Golkar, sudah lama dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua I DPRK Bireuen. Mereka telah menduduki kursi empuk tersebut sejak dilantik pada 22 Oktober 2019 lalu.

Suhaimi Hamid mengucapkan Sumpah Jabatan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bireuen, Zufida Hanum, SH., MH. Sementara Sidang paripurna istimewa tersebut dipimpin langsung Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S. Sos, Wakil Ketua l, Syauqi Futaqi, S. Fil.l., dan turut dihadiri Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH. MSi, pejabat Bireuen, usnur Forkopimda, serta beberapa tamu undangan yang dibatasi, mengingat masa pandemi covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Setelah prosesi pelantikan, Abu Suhai mengajak semua stakeholder untuk sama-sama memperjuangkan pembangunan Bireuen ke arah yang lebih baik.

Bupati Bireuen, Dr, H. Muzakkar A. Gani., M.Si., mengatakan, peran serta fungsi eksekutif dan legislatif pada hakikatnya merupakan perwujudan aspirasi masyarakat, yang diimplementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap, menyeluruh dan berkelanjutan. Kelengkapan para unsur pimpinan di DPRK Bireuen, juga mempengaruhi akselarasi dalam pelaksanaan peran dan fungsi lembaga legislatif ini. Karena itu, Muzakkar mengajak semua unsur pimpinan dan anggota DPRK, agar sama-sama bekerja dengan hati ikhlas dalam melayani masyarakat.

“Atas nama pimpinan daerah, saya mengucapkan selamat kepada Suhaimi Hamid sebagai Wakil Ketua ll DPRK Bireuen, yang baru saja mengucapkan sumpah di hadapan sidang yang mulia,” ucap Bupati Muzakkar.

Sementara itu, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos dalam sambutannya menyebutkan, masyarakat Kabupaten Bireuen ingin melihat dan merasakan kinerja pemerintah yang mereka percayakan, baik eksekutif dan legislatif mampu mengemban amanat rakyat. Memiliki jiwa dan semangat kerakyatan dan pembangunan, sehingga mampu membaca dan merasakan getaran-getaran hati nurani rakyat.

“Kerjasama dalam hakikat kemitraan yang sejajar antara pemerintah daerah dan DPRK Bireuen adalah suatu yang sangat esensial dan prinsipil untuk selalu kita bangun dan pelihara bersama-sama,” tegas pria yang akrab disapa Ceulangiek tersebut. (akh/rif)