Harianrakyataceh.com – Dalam rangka mengantisipasi rawan terjadinya laka lantas dan bencana alam sehingga berpotensi mengganggu perlintasan jalur antar Kabupaten dalam Provinsi, personel Satlantas Polres Bireuen melaksanakan patroli malam hari terhadap pengguna jasa angkutan umum di area jalan seputaran Kota Bireuen, Selasa (19/1) malam.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh personel piket Turjawali Pos Lantas Simpang Arjun.

Kasat Lantas Polres Bireuen, AKP W Rachmat Jayadi SIK melalui KBO Lantas, Iptu Hendri Yunan kepada Rakyat Aceh mengatakan, pada saat operasi yustisi ini dilakukan, arus lalu lintas aman, tertib, lancar dan terkendali.

Disebutkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat tentang protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Bireuen.

“Dalam kegiatan patroli ini, para personel menyampaikan kepada masyarakat yang ditemui di lapangan, agar tidak melakukan kerumunan sehingga diingatkan kembali terkait physical distancing dan sosial distancing sekaligus tentang penggunaan masker guna antisipasi penyebaran virus corona sesuai anjuran pemerintah yang saat ini banyak masyarakat tidak menghiraukannya lagi,” ujar Iptu Hendri.

Saat menjalankan operasi, sebutnya, para personel memberikan teguran kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, baik kepada pengguna jasa angkutan umum maupun sopir angkutan.

“Kita menghimbau masyarakat yang menggunakan angkutan umum agar tetap menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) guna mencegah penularan covid-19,” kata KBO Lantas Bireuen ini.

Ia juga berharap, dengan dilaksanakannya operasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, terutama bagi pengguna angkutan umum yang sedang bepergian. (akh/rif)