Anggota Koramil 01 Bandar, Serma Firdaus, menggendong seorang anak yang hendak melintas di jalan lintas provinsi menuju Samar Kilang yang tertimbun material banjir longsor di kawasan Atu Kul, Selasa (19/1) lalu. MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Meski sudah dilakukan pembersihan, jalan menuju Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, hingga saat ini masih sulit.

ND Kalak BPBD Kabupaten Bener Meriah, Arman Ali Kepada Rakyat Aceh Rabu (20/1) menyampaikan, di titik kawasan Atu Kul yang sebelumnya di tertimbun material longsor hari ini sudah dibersihkan dan sudah bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sebelumnya, katanya jalan Provinsi tersebut sempat tertimbun material longsor berupa batu dan lumpur sepanjang 130 meter dengan ketebalan hingga mencapai 3 meter.

Akibat dari itu, akses menuju ke Samar Kilang sempat terputus total dan tidak bisa dilintasi oleh kendaraan. ”Kita bersihkan material tersebut mengunakan menggunakan alat berat BPBD hari ini dibantu oleh TNI/Polri dan masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian, katanya masih ada satu titik yang sebelumnya amblas dan berlumpur masih sulit untuk dilalui berada di kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama. “saat ini di jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan yang memiliki double gardan atau 4×4 semenetra kenderaan bisa tidak bisa karena berlumpur,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya mengaku berencana mengangkut material banjir bandang dan longsor berupa batu di kawasan Atu Kul untuk digunakan menimbun badan jalan yang amblas di Tembolon agar segera kembali normal.

“Saat ini kami masih menyelesaikan pembersihan di kawasan atu kul dan setelah ini selesai kita akan fokuskan untuk pengerjaan di jalan yang amblas di Tembolon,” ungkapnya.

Sementara di jalur yang berada katanya kemarin sore pihaknya juga sudah membersihkan jalan menuju kampung Wer Tingkem yang sempat tertimbun longsor pasca hujan deras yang terjadi senin (18) malam kemarin. “Alhamdulillah jalan tersebut sudah dapat dilintasi oleh kendaraan,“ tegasnya. (uri/bai)