Polres Aceh Besar Gencarkan Operasi Yustisi

Tim Paurkes Polres Aceh Besar melakukan Rapid Tes bagi pelanggar Prokes yang terjaring dalam razia masker di SPBU Aneuk Galong Kecamatan Sukamakmur Jumat (22/1) TARMIDI YUSUF/ RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Polres Aceh Besar bersama tim gabungan TNI dari jajaran Kodim 0101 BS dan Satpol PP Kabupaten Aceh Besar terus menggencarkan Operasi Yustisi di wilayah hukumnya. Tidak hanya melakukan razia masker di jalan-jalan dan pasar, juga gencar melakukan kegiatan “Saweu Sikula” untuk sosialisasi Protokol Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan SIK MH melalui Wakapolres Kompol Saiful Anam STP MM kepada Rakyat Aceh di sela-sela razia masker untuk pengguna jalan dan masyarakat di SPBU Aneuk Galong Kecamatan Sukamakmur Jumat (22/1) pagi.

Menurut Saiful, TNI Polri bersama Pemkab dalam hal ini Satpol PP tidak akan bosan dan akan terus gencar melaksanakan Ops Yustisi di wilayah hukumnya walaupun angka positif covid mengalami tren penurunan. Karena menurutnya, kegiatan tersebut adalah tugas mulia yang berazaskan keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

“Sesuai dengan arahan Pak Kapolda, Pak Kapolres, untuk tidak bosan-bosannya melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi terhadap protokol kesehatan dalam rangka operasi yustisi ini, karena ini demi masyarakat dan sebuah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid ini,” ungkap Wakapolres Saiful Anam.

Kecuali itu, tambah Saiful, karena proses belajar mengajar sudah mulai tatap muka, maka jajaran Polres Aceh Besar bersama TNI, juga sekarang setiap harinya melakukan kegiatan “saweu sikula” yaitu mengunjungi sekolah-sekolah dan pesantren atau dayah sosialisasi dan monitoring Protokol Kesehatan.

“Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas datang ke sekolah dan pesantren untuk menyampaikan ke dewan guru, murid, para tengku dan santri untuk patuh dan mengikuti Protokol Kesehatan dalam pembelajaran tatap muka yang sudah diberlakukan di kabupaten Aceh Besar ini,” sebut Saiful.

Sementara Kabag Ops Kompol Polres Aceh Besar Yusuf Hariadi SH MSi, dalam arahannya saat apel gabungan menyampaikan pelaksanaan razia masker harus mengedepankan sikap humanis dan sopan.

“Dalam pelaksanaan razia ini, personil harus mengedepankan sikap yang humanis, berikan teguran dengan sopan dan laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” sebutnya.

Kepada seluruh personil yang terlibat, Yusuf Hariadi juga mengajak untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan sepenuh hati dengan mengedepankan sosialisasi dan himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk patuh dengan Prokes dan anjuran pemerintah lainnya.

Dalam razia masker yang melibatkan 120-an personil itu, tim gabungan melakukan penindakan terhadap 59 orang pelangar berupa melakukan Rapid Tes, teguran lisan dan mencatat identitsnya serta dilakukan pembagian masker.

Rapid Tes dilakukan oleh Paurkes dan Baur kes Bag Sumda Polres Aceh Besar selaku Kasatgas Penanganan Pos aman Nusa II. Dan semua hasil tes menunjukkan non reaktif. Usai dilakukan teguran lisan dan dibagikan masker, para pelanggar diperbolehkan melanjutkan perjalanannya. (tar)