Lapas Narkoba Langsa Beri Asimilasi Covid-19

Harianrakyataceh.com – Sebanyak 14 orang warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika II B Langsa mendapat asimilasi Covid-19.

“Asimilasi di rumah karena covid ini diberikan sesuai dengan Permenkumham No 32 tahun 2020,” ungkap Kasi Bina Napi dan Anak Didik Lapas, Yopi Syahputra, S.H. Lanjutnya, program ini dalam upaya untuk pencegahan dan menanggulangi terjadinya penyebaran  covid-19 di Lapas Narkotika Langsa.

Menurutnya, apabila dalam masa menjalankan asimilasi di rumah mereka melakukan lagi pelanggaran maka semua hak-haknya akan dicabut, tapi selama menjalani asimilasi tidak dihitung menjalani pidana.

Sementara itu, Kalapas Narkotika Langsa, Herman Anwar Amd.IP, S.H menyebutkan  pemberian asimilasi untuk Covid 19 di awal tahun 2021 ini diberikan kepada 14 orang warga binaan asimilasi rumah (Covid 19).

Dan  akan diberikan lagi apabila sudah ada warga binaaan yang  sudah  memenuhi persyaratan. Kiranya 14 warga binaan ini bisa mengambil sesi positif dari pemberian asimilasi ini, dan jangan melakukan pelanggaran hukum lagi karena program asimilasi ini masih mengikat kepada warga binaan yang mendapatkanya.

“Jadi bukan berarti asimilasi ini mereka bebas, mereka tetap wajib melapor ke balai pemasyarakatan dan diawasi oleh petugas Lapas,” imbuh Kalapas. (ris/rif)