16 Toko Dikosongkan Pedagang Siang Malam

DHIAN ANNA ASMARA/RAKYAT ACEHPertokoan yang telah dikosongkan pedagang siang malam setelah ultimatum terakhir dari pemerintah setempat toko ini berlokasi di Jalan Merdeka Kota Sigli atau jalan cukup padat arus lalu lintasnya.

Harianrakyataceh.com – Setelah peringatan terakhir dikeluarkan Pemkab Pidie, para pedagang siang malam melakukan pengosongan terhadap 16 pintu toko di Jalan Merdeka Kota Sigli. Disebutkan, pengosongan tersebut terkait dengan proyek kotaku senilai Rp 15 milyar lebih.

Sebelumnya, puluhan pedagang yang membuka usaha di tanah milik Pemkab Pidie itu, sempat bersikukuh menuntut ganti rugi atas bangunan usahanya itu, namun Pemkab Pidie menolak tuntutan tersebut.

Sekda Pidie, H Idhami SSos MSi sebelumnya menyebutkan, tanah milik pemerintah itu sudah dibutuhkan untuk keindahan kota dari kumuh kearah perbaikan tang lebih bersih. Ia juga pernah memiliki satu unit pintu toko milik dari keluarganya juga terkena gusur harus pasrah tanpa ganti rugi, karena bangunannya diatas tanah pemerintah.

Kadis Petindagkop/UKM Pidie, Zulkifli ST membenarkan, apa yang disampaikan pak Sekda Idhami, tapi juga tidak ada ganti ruginya, bahkan merelakan saja bangunan tersebut dibongkar. “Kami sebatas menyampaikan persoalan tersebut kepada 45 lebih pemilik bangunan tempat usaha, juga kepada 9 pemilik rumah yang membangun rumah di kawasan DAS Krueng Baro Kota Sigli,” sebut Zulkifli.

Koordinator proyek kotaku Pidie, M Adi Iswandi menjawab Rakyat Aceh, Selasa (26/1) sore kemarin membenarkan, seluruh bangunan di selepas DAS Krueng Baro Kota Sigli, dibongkar semua. “Ini sangat didukung oleh Kadis PU Perkim Pidie, pak Muhammad Adam ST untuk keindahan Kora Sigli ke depan dengan program merobah wajah kota, membangun akses ruang terbuka.

Di sisi lain, lanjut Adi Suwandi, dibangun jalan untuk tempat rekreasi di sepanjang sungai dari Gampong Keramat Dalam Kora Sigli menuju Jalan Merdeka Kota Sigli, dengan diisi bangunan taman kota dan lokasi kuliner dengan nilai proyek keseluruhan Rp 15 milyar lebih. (mag85/bai)