Melayani Ulee Lheue-Balohan, Hari Ini KMP Aceh Hebat 2 Siap Berlayar

Sekda Aceh, dr. Taqwallah, bersama GM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh, Syamsuddin, menandatangani perjanjian Sewa KMP Aceh Hebat 2 antara Pemerintah Aceh dengan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Ruang Potensi Daerah, Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat (29/1). ( HUMAS PEMERINTAH ACEH)

Harianrakyataceh.com – PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Banda Aceh siap mengoperasikan Kapal Motor Port (KMP) Aceh Hebat 2 untuk melayani pelayaran dari Ulee Lheue Banda Aceh- Balohan Sabang dan sebaliknya mulai hari ini, Sabtu (30/1).

Pengoperasian tersebut mulai dilaksanakan seiring dilakukannya penandatanganan Perjanjian Sewa Antara Pemerintah Aceh dan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Tentang Pemanfaatan Kapal KMP. Aceh Hebat 2 Barang Milik Aceh.

Penandatanganan perjanjian itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, dan General Manager PT ASPDP Indonesia Ferry Persero Cabang Banda Aceh, Syamsuddin, di Kantor Gubernur Aceh, Jumat (29/1) sore.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, mengatakan, pengoperasian KMP Aceh Hebat 2 itu telah melalui proses yang panjang sejak kapal tersebut tiba di Aceh. Mulai dari penyelesaian beberapa kegiatan inventarisasi, familiarisasi, pelelangan hingga dilakukan penandatanganan perjanjian sewa.

“Alhamdulillah tahapan-tahapannya sudah kita lalui, dengan penandatanganan kontrak ini maka segera akan dilakukan pelayaran perdanan dari Ulee-Lheue ke Balohan, Insya Allah besok kegiatan ini sudah dapat dilaksanakan,” kata Junaidi.

Junaidi mengatakan, pembangunan 3 unit Kapal Aceh Hebat merupakan amanat dari RPJM Aceh 2017-2022 untuk mendukung peningkatan konektivitas antar wilayah di Aceh.

“Besar harapan kami, agar kapal-kapal tersebut memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Aceh,” kata Junaidi.

Acara tersebut berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (ril/ra)

Baca Juga...  Datangi DPRK Warga Pertanyakan Bupati Menjabat Dalam Kondisi Sakit