Pembangunan Belum Rampung, Masjid Ar-Ridha Cot Tunong Mulai Digunakan Shalat

Harianrakyataceh.com – Masjid Ar-Ridha Cot Glumpang, Gampong Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen untuk pertama kalinya digunakan dalam pelaksanaan salat, Jumat (29/1).

Amatan Rakyat Aceh, ratusan jamaah mengikuti salat Jum’at perdana di masjid tersebut. Padahal, pembangunan (konstruksi) dan penyempurnaan (infrastruktur) belum seutuhnya rampung.

Sebelum pelaksanaan shalat Jumat, Masjid ini terlebih dahulu di “peusijuk”, mengingat baru hari pertama digunakan setalah 1 tahun lebih dibangun dengan hasil donasi dari warga setempat.

Kegiatan Peusijuk Masjid turut dihadiri, tokoh agama setempat, Camat Gandapura, Mirza Fahmi, S.STP, M.Si dan tokoh Muspika Gandapura lainnya.

Ketua panitia pembangunan Mesjid Ar Ridza Cot Tunong, Tgk Ridwan Abdurrahman mengaku, secara keseluruhan konstruksi memang dalam kondisi aman, tidak ada masalah dalam penurunan struktur. Namun masih perlu ada perbaikan. Meski pada dasarnya bisa digunakan, namun dengan kondisi pembangunan yang belum rampung, jamaah akan merasa belum nyaman.

Tgk Ridwan menyebutkan, masjid Ar-Ridha merupakan salah satu masjid tua di Kecamatan Gandapura dan sudah ada sejak tahun 1940 tepatnya sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga, warga sangat kompak dan antusian dalam membangun masjid yang baru demi menjaga icon kebanggaan masyarakat setempat.

“Ucapan terima kasih kepada para donatur terutama masyarakat Desa Cot Tunong dan Desa Paya Baro yang sudah membantu dalam pembangunan Masjid Ar-Ridha, baik berupa sedeqah, infaq, dan waqaf. Semoga kebaikan para donatur dibalas Allah Swt,” ujarnya.

Ketua panitia pembangunan Masjid juga mengaku, sebelum masjid ini dibangun, pihaknya membutuhkan waktu yang lama dalam perencanaan supaya pengerjaan pembangunan terealisasi dengan sempurna.

“Kami membuka peluang dan berharap kepada seluruh donatur baik dari pihak Pemerintah Kabupaten Bireuen maupun dari pihak lain, agar turut andil dalam pembangunan masjid kedepan,” sebutnya.

Bagi yang ingin berinfaq, shadaqah, atau amal jariyah bisa di salirkan melalui nomor rekening Mandiri Syariah Cabang Bireuen, 5400650014 atas nama Panitia Pembangunan Masjid Ar-Ridha atau bisa langsung ke alamat Sekretariat Komplek Masjid Ar-Ridha Cot Glumpang, Jl. Banda Aceh-Medan, Desa Cot Tunong, Gandapura, Bireuen. Konfirmasi donasi dapat melalui pesan langsung ke Nomor HP. 0813 6078 5508 atau ke nomor 0852 7726 4578. (akh)