Persiraja Tawarkan Konsep Turnamen, Sebagai Ajang Sebelum Kick off Liga 1 2021

Persik Persiraja

Harianrakyataceh.com – Persiraja Banda Aceh mengusulkan digelar turnamen sebelum kick off Liga 1 2021. Turnamen dinilai cara yang tepat untuk persiapan klub sebelum bermain di Liga 1 2021.

Sekretaris umum Persiraja, Rahmat Djailani menyarankan turnamen digelar di beberapa kota. Hanya saja, lokasi yang digunakan adalah stadion untuk Piala Dunia U-20.
“Turnamen menjadi cara yang tepat untuk persiapan klub menghadapi Liga 1. Hal tersebut karena hampir satu tahun tidak ada kegiatan di sepakbola Indonesia,” kata Rahmat Djailani, Kamis (28/1).

“Pramusim bisa saja, tapi sifatnya bisa regional, misalnya home tournament. Misalnya ada di Palembang, ini ada stadion-stadion baru untuk Piala Dunia U-20, buat uji coba di stadion baru boleh saja, buat di Palembang satu misalnya,” ucap Rahmat.

Rahmat mengusulkan turnamen yang digelat bukan cuma melibatkan klub Liga 1. Melainkan, kontestan Liga 2 juga bisa diajak ambil bagian dalam ajang tersebut.

“Mungkin bisa dengan klub Liga 2 ikut. Kasihan juga teman-teman Liga 2 itu. Kemudian misalnya buat di Bali kalau misal stadion sudah selesai direhab, atau Surabaya,” ujarnya.
PSSI sebelumnya sudah memutuskan Liga 1 dan Liga 2 2020 dibatalkan. Keputusan tersebut diambil setelah federasi sepakbola Tanah Air tersebut menggelar rapat komite (Exco), pada pekan lalu.

Selain membatalkan kompetisi 2020, ada beberapa ketetapan lainnya yang dikeluarkan dari rapat Exco PSSI tersebut. Mulai dari tidak ada klub yang menjadi juara dan terdegradasi.

Kemudian, peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Lalu terakhir kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing kesebelasan.

Kendati sudah memutuskan kedua kompetisi tersebut dibatalkan, PSSI belum menentukan bergulirnya musim 2021. Persoalan tersebut bakal dibahas ketika kongres tahunan dilaksanakan pada bulan depan.

Sejumlah klub meminta Liga 1 2021, dilangsungkan usai Idulfitri. Alasannya karena para kesebelasan butuh waktu menyiapkan tim untuk bermain di kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air.

Skuad Persiraja saat ini masih diperintahkan berlatih mandiri di kediaman masing-masing. Laskar Rencong sudah menghentikan aktivitas latihan bersama sejak beberapa bulan lalu. (rif)