Barat Selatan Diprediksi Hujan Ringan

Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Bagian Barat Selatan Aceh, diprediksi hingga 2 Februari masih terjadi hujan ringan dan angin. Namun, hujan ringan ini hanya beberapa kecamatan di Barat Selatan, mulai dari Aceh Jaya sampai Subulussalam.

Hal ini disampaikan, Zakaria SE, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Minggu (31/1).

Untuk itu, kata dia, masyarakat harus mewaspadai genangan air yang menyebabkan banjir. Apalagi masyarakat yang tinggal dekat dengan pegunungan dan sungai.
“Karena tanah tidak lagi labil maka bisa menyebabkan longsor, harus waspda yang tinggal dekat pegunungan,” pintanya.

Begitu juga lanjutnya, masyarakat yang tinggal dekat sungai karena air hujan yang berkelanjutan dapat memasuki perumahan warga.

Untuk pelayaran Banda Aceh Sabang masih tergolong aman dari cuaca ekstrim.
Lanjutnya, untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Barat Selatan mencapai 1,25-250 meter tingginya dan demikian gelombang di bagian Timur.

“Kalau untuk gelombng di bagian Utara Sabang masih aman,” jelasnya..
Bahkan, Penyeberangan Sinabang- Meulaboh masih tinggi mencapai maksimum 4 meter.
“Di pesisir masih 2,50 tinggi gelombang,” ungkap Zakaria.

Tambahnya, adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Aceh bagian Tengah dan Selatan yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilyaha provinsi Aceh. Kondisi ini dapat mengakibatkan fenomena cuaca ekstrim seperti hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga malam hari dan dini hari.

Dikatakannya, koordinator Propinsi Aceh mengeluarkan Peringatan Dini Prakiraan Cuaca dengan potensi curah hujan sedang dan berdampak banjir genangan sebagian kecil diwilayah wilayah dataran rendah, di sebahagian jalan serta longsor ringan (berjatuhan batu kerikil) untuk wilayah lereng/ dataran tinggi.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini berlaku untuk esok hari tgl 31 Januari 2021 mulai jam 07.00 wib s/d tgl, 01 Pebruari 2021 yang meliputi Kabupaten/kota Kabupaten Nagan Raya, meliputi Kec: Beutong, Betong Ateh, Banggalang, Senangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya, Tripa Makmur, Kuala, Kuala Pesisir, senangan, Suka Makmu.

2. Kab. Aceh Barat, meli- puti Kec: Pantai Ceureumen, Sama Tiga, Kawai XVI, Johan Pahlawan, Meureubo, Panton Reu, Bubon, Arongan Lambalek, Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur.

3. Kab. Aceh Barat Daya, meliputi Kec: Jeumpa, Blang Pidie, Setia.

4. Kab. Aceh Selatan, meliputi Kec: Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Timur, Mekek, Sawang, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Timur, Trumon, Sama Dua, Pasi Raja dan Tapak Tuan.

5. Kab. Aceh Tenggara, meliputi Kec: Darul Hasanah.
6. Kab. Subulussalam, meliputi Kec: Longkib, Sultan Daulat, Simpang Kiri, Rundeng, Penanggalan.

7. Kab. Aceh Singkil, meliputi Kec: Kota Baharu, Singkil, Sikil Utara, Danau Paris, Gunung Meriah, Suro, Simpang Kanan, Singkohor dan Kuala Baru.

“Demikian kami keluarkan peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi katagori 2,” jelasnya.

Pada katagori ini masyarakat dihimbau kewaspadaan bila terjadi bencana hidrometeorologi.
Terutama utk selalu wasapada terhadap potensi yg dapat berdampak banjir skala kecil untuk daerah aliran sungai, genangan skala kecil diperkotaan, diwilayah hilir, jalan licin dan pandangan kabur, waspada terhadap potensi tanah longsor berupa kerikil berjatuhan dari lereng dalam skala kecil. Bahaya angin kencang sebelum hujan turun (bahasa Acehnya; angen subak-subok), sambaran petir juga ada potensi. (rus).