USCND Kerjasama Pendidikan dengan RSJA

Harianrakyataceh.com – Untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan pendidikan bidang kesehatan mahasiswa, Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) Langsa membangun kerjasama pendidikan dengan managemen Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJA) di Banda Aceh, Senin (1/2).

Rektor USCND, Ns Edy Mulyadi MKep mengatakan, kerjasama dengan RSJA ini merupakan terobosan baru bagi USCND dalam upaya mengembangkan pendidikan kesehatan bagi mahasiswa. Hal ini mengikuti pada perkembangan jaman yang membutuhkan perubahan pola pendidikan memyangkut penanganan dan pelayanan.

“USCND memiliki fakultas dan program study bidang kesehatan, karenanya kerjasama ini sangat penting sebagai pengembangan keilmuan bagi mahasiswa. Dimana tujuannya untuk Praktek Klinik Keperawatan Jiwa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, semoga kedepan USCND menjadi kampus unggul di Kota Langsa dan Aceh khususnya,” sebut Edy.

Edy menjelaskan, dalam menanggapi kerjasama tersebut, Direktur RSJA, dr Makhrozal MKes menyampaikan, mahasiswa yang akan belajar di RSJA dalam masa pandemi covid-19 harus ada bukti PCR dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama melakukan pelayanan di lingkungan RSJA.

Lanjutnya, juga mengingatkan bahwa Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), siapa pun tidak boleh mengambil gambar, foto/video/audio di lingkungan RSJA, apabila terpaksa harus mengambil gambar untuk keperluan Laporan, anak didik harus memblur atau menutup wajah pasien.

“Tentunya dengan kerjasama ini, kita telah mengakomodir semua standar layanan RSJA dan protokol sesuai arahan. Semoga mahasiswa yang akan melakukan praktek di RSJA nantinya mendapatkan pengembangan diri dalam bidang kesehatan,” kat Edy. (dai/bai)